Autoklaf 101: Jangan Sampai Salah Pilih!

Pada tempat praktik dokter gigi, autoklaf umum digunakan terutama untuk sterilisasi alat kedokteran gigi setelah digunakan. Cobra Buddies penasaran kah? Mengapa ya, alat kedokteran gigi harus disterilkan menggunakan alat sterilisasi seperti autoklaf? Padahal, kan, dicuci menggunakan sabun sudah menjadikan alat terlihat kinclong.

Nyatanya bersih itu belum tentu steril! Seperti iklan-iklan sabun di televisi bahwa pencucian dengan sabun hanya menghilangakan 99% kuman. Bahkan, air yang digunakan untuk mencuci peralatan di klinik belum tentu bebas bakteri! Sementara dalam praktik kedokteran gigi Cobra Buddies pastinya perlu alat kedokteran gigi yang 100% bebas kuman, virus, dan sumber penyakit lainnya [1] Maka dari itu, dokter wajib menggunakan alat sterilisator untuk sterilisasi alat kedokteran gigi setelah merawat pasien. Autoklaf merupakan sterilisator alat kedokteran gigi yang paling direkomendasikan. Memangnya jika menggunakan autoklaf alat akan 100% bersih dari bakteri maupun virus? Tentunya iya, alat akan benar-benar steril setelah dilakukan proses sterilisasi menggunakan autoklaf. Cara kerja autoklaf dalam sterilisasi alat yakni menggunakan uap panas (suhu tinggi) dengan tekanan yang tinggi sehingga alat akan bebas dari bakteri, virus, jamur, hingga endospora yang sulit dibunuh. Maka dari itu, Cobra Buddies wajib banget sedia autoklaf di klinik untuk mencegah infeksi antar pasien maupun pasien-operator akibat alat yang tidak steril. Tetapi, autoklaf ternyata banyak jenisnya. Jadi, biar tidak salah pilih autoklaf, yuk, pelajari bersama tipe-tipe autoklaf yang digunakan sebagai sterilisator alat kedokteran gigi.
Baca Juga: Inilah Sterilisasi Alat Kesehatan yang Tepat Untuk Klinik Anda! Baca Juga: Metode Sterilisasi Pada Praktik Dokter Gigi
Tipe Autoklaf [2,3]
  • Autoklaf N-class
Autoklaf tipe ini merupakan yang paling dasar dibandingkan dengan kelas lainnya. Huruf ā€œNā€ merupakan singkatan dari naked solid product yang artinya autoklaf pada kelas ini tidak bisa digunakan untuk sterilisasi alat yang telah dibungkus dalam sterile pouch. Jika di klinik Cobra Buddies tersedia autoklaf jenis ini, pastikan bahwa alat yang akan disterilisasi tidak terbungkus oleh apapun karena akan mengurangi efektifitas sterilisasi.
  • Autoklaf B-class
Tipe autoklaf yang satu ini paling direkomendasikan dalam praktik dokter gigi. Kemampuannya untuk mensterilisasi alat di dalam sterile pouch sangat memudahkan dan mengefektifkan proses sterilisasi. Selain itu, autoklaf B-class juga dapat digunakan untuk mensterilkan suction tip, tip three-way syringe, hingga gown sehingga keamanan bagi pasien terjamin terutama di masa pandemi. Bentuk dan ukuran autoklaf B-class juga kompak sehingga tidak memakan banyak tempat di klinik. Salah satu contoh dari autoklaf B-class adalah Woson Steam Sterilizer tanda Color 18 L Alat kedokteran gigi yang steril merupakan kunci pencegahan infeksi saat dan setelah perawatan. Autoklaf merupakan alat sterilisasi yang mampu menghilangkan 100% mikroba dari alat kedokteran gigi. Maka dari itu, yuk, lengkapi klinik dengan autoklaf, tetapi jangan sampai salah pilih autoklaf, ya!
Membutuhkan autoclave untuk keperluan dokter? Segera klik link berikut
Penulis: Samuel Pramadisa, S.K.G Referensi:
  1. There Are Always Bacteria Lurking in Dental Equipment, Suggests Research [Internet]. [cited 2021 Nov 9]. Available from: https://www.elsevier.com/about/press-releases/archive/research-and-journals/there-are-always-bacteria-lurking-in-dental-equipment,-suggests-research
  2. What is the best autoclave? | Euronda Pro System [Internet]. [cited 2021 Nov 9]. Available from: https://prosystem.euronda.com/what-is-the-best-autoclave-for-a-dental-practice/
  3. Sasaki JI, Imazato S. Autoclave sterilization of dental handpieces: A literature review. J Prosthodont Res [Internet]. 2020 Jul 1 [cited 2021 Nov 9];64(3):239ā€“42. Available from: https://doi.org/10.1016/j.jpor.2019.07.013