Berikan Tips Ini Kepada Pasien Anda Agar Memiliki Gusi Yang Bagus

Jika Anda seorang dokter gigi, Anda dapat membagikan kiat-kiat ini kepada pasien Anda dengan memberi tahu mereka secara lisan/menyerahkan cetakan artikel ini/cukup membagikan tautan browser kepada mereka. Jika Anda adalah seorang pasien, silakan lanjutkan membaca! Gusi adalah bagian penting dari kesehatan mulut kita, karena membantu mendukung dan melindungi gigi kita. Tapi sama seperti gigi kita, gusi juga rentan terhadap masalah seperti peradangan, infeksi, dan bahkan penyakit gusi jika tidak dirawat dengan baik. Jadi bagaimana pasien Anda menjaga gusi mereka tetap sehat dan kuat? Pada artikel ini, kita akan membahas tips perawatan gigi untuk membantu menjaga gusi yang baik.

1. Sikat gigi dua kali sehari – bersama dengan lidah!

Menyikat gigi dua kali sehari adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan gusi. Dengan menghilangkan plak dan bakteri dari permukaan gigi dan gusi, menyikat gigi membantu mencegah penyakit gusi dan masalah kesehatan mulut lainnya. Sikat setidaknya dua menit setiap kali, menggunakan pasta gigi berfluoride dan sikat gigi berbulu halus. Selain itu, jangan lupa menyikat lidah. Ini menghilangkan sisa bakteri dan menyegarkan nafas Anda, yang dapat bermanfaat bagi gusi Anda. Gunakan pengikis lidah, permukaan bertekstur di bagian belakang sikat gigi Anda atau sikat gigi berbulu lembut untuk membersihkan lidah Anda.

2. Floss setiap hari.

Flossing adalah bagian penting lainnya untuk menjaga kesehatan gusi. Dengan menghilangkan plak dan partikel makanan dari sela-sela gigi dan sepanjang garis gusi, flossing membantu mencegah penyakit gusi dan masalah kesehatan mulut lainnya. Dorong pasien Anda untuk membersihkan gigi setidaknya sekali sehari, menggunakan gerakan bolak-balik yang lembut dan berhati-hati untuk membersihkan gigi di antara semua gigi mereka. Anda juga dapat menggunakan perangkat seperti flosser air.

3. Gunakan obat kumur.

Obat kumur dapat membantu membunuh bakteri dan menyegarkan napas, yang bermanfaat bagi gusi. Gunakan obat kumur sebagai bagian dari rutinitas kebersihan mulut Anda, baik sebagai tambahan atau pengganti flossing. Untuk efek maksimal, bilas minimal 30 detik. Jika Anda memiliki penyakit gusi, dokter gigi mungkin akan meresepkan obat kumur khusus seperti peroksida atau cat gusi. Harap berhati-hati untuk tidak menggunakan ini secara berlebihan dan tetap berpegang pada durasi waktu yang ditentukan oleh dokter gigi Anda.

4. Hindari tembakau.

Penggunaan tembakau dapat meningkatkan risiko penyakit gusi dan masalah kesehatan mulut lainnya. Dorong pasien Anda untuk menghindari produk tembakau, termasuk rokok, tembakau kunyah, dan rokok elektrik, untuk membantu melindungi gusi dan kesehatan mulut mereka secara keseluruhan.

5. Makan makanan yang sehat.

Pola makan yang sehat dapat membantu mendukung kesehatan gusi dan gigi. Makan berbagai buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak, dan batasi konsumsi makanan dan minuman manis dan asam.

6. Minum banyak air.

Air minum dapat membantu membuang partikel makanan dan bakteri dari mulut Anda, yang dapat bermanfaat bagi gusi Anda. Jadi, minumlah banyak air sepanjang hari, terutama setelah makan.

7. Hindari pernapasan mulut

Bernafas melalui mulut adalah kebiasaan yang berkembang ketika pasien tidak dapat bernapas melalui hidung. Ini dapat terjadi karena hidung tersumbat secara konsisten, sinusitis, amandel atau kelenjar gondok yang membesar, polip atau pertumbuhan hidung, septum hidung menyimpang, dll. Pernapasan melalui mulut dapat mengeringkan dan merusak gusi Anda. Selain itu, dapat menyebabkan perubahan struktur wajah dan gangguan tidur. Waspadai kebiasaan ini dan bicarakan dengan dokter gigi Anda jika Anda menduga Anda mungkin bernapas melalui mulut.

8. Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur.

Kunjungan rutin ke dokter gigi merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan gusi. Selama kunjungan tersebut, dokter gigi Anda akan memeriksa tanda-tanda penyakit gusi, seperti peradangan, kemerahan, dan pendarahan, serta memberikan perawatan sesuai kebutuhan. Kunjungi dokter gigi setiap enam bulan dan selesaikan janji temu dengan pembersihan rutin dua kali setahun. Anda mungkin memerlukan scaling lebih sering atau lebih sedikit dalam setahun, tergantung pada kecenderungan Anda untuk memakai karang gigi, rejimen perawatan mulut dan apakah Anda juga memiliki kasus ortodontik.

9. Obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi gusi Anda.

Beberapa obat umum yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan periodontal meliputi:
  • Antasida
  • Antihistamin
  • Antidepresan
  • obat tekanan darah
  • Dekongestan
  • pereda nyeri
Obat-obatan tertentu, tidak semua, termasuk dalam kelompok ini, dapat menyebabkan mulut kering atau pertumbuhan gingiva berlebihan pada beberapa pasien. Pastikan untuk memberi dokter gigi riwayat penggunaan obat yang tepat dan jika disarankan olehnya, Anda mungkin harus berdiskusi dengan dokter Anda untuk menggunakan obat alternatif dari kelompok yang sama.

10. Gunakan pelembab udara.

Jika Anda tinggal di lingkungan yang kering atau ber-AC, atau bahkan di tempat yang menggunakan pemanas konstan, menggunakan pelembap dapat membantu menjaga gusi dan mulut tetap lembap dan sehat. Gunakan pelembab udara di rumah atau kantor Anda untuk membantu mencegah mulut kering dan menjaga gusi tetap terhidrasi. Dengan mengikuti 10 tips perawatan gigi ini, pasien Anda dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan senyum yang indah. Dorong mereka untuk berperan aktif dalam kebersihan mulut mereka sendiri dan kunjungi dokter gigi secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal dari perawatan gigi mereka.