Buah Yang Memiliki Manfaat Untuk Gigi - Bag. 1

Buah memiliki bermacam-macam kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh & tulang, khususnya gigi. Bahkan, dalam empat sehat lima sempurna salah satunya terdapat buah. Sudah tidak diragukan lagi, buah memiliki khasiat dan kandungan yang memberikan dampak negatif bagi tubuh. Kandungan seperti antioksidan hingga vitamin akan berdampak baik apabila dikonsumsi.

Berikut ini, adalah buah-buah yang memiliki manfaat baik untuk gigi.

Apel

Buah apel berada di urutan pertama karena sudah tidak asing lagi bagi kita, kalau buah apel memiliki kandungan yang baik manfaatnya untuk gigi. Diantaranya adalah kandungan air pada apel akan membuat gigi sehat. Bila anda menggerakan gigi saat mengunyah apel, maka produksi air liur (saliva) akan menjadi lebih banyak sehingga mampu menetralkan keasaman mulut dan hal ini bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang. Selain itu, tekstur kasar dari apel dapat membersihkan serta menggosok permukaan gigi dari sisa makanan dan plak yang menempel. Buah apel memiliki banyak antioksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah gusi dan jaringan sekitarnya dari kerusakan dan infeksi bakteri.

Timun

Timun adalah buah yang memiliki banyak serat. Sama seperti apel, buah ini memiliki kadar air yang tinggi dan membantu agar mulut tidak kering. Saat mengunyah timun, air liur yang dihasilkan akan membantu menghilangkan bakteri jahat di mulut.

Stroberi

Buah yang hidup baik di pegunungan ini memiliki vitamin C yang melimpah. Vitamin C pada stroberi berguna untuk kesehatan pembuluh darah, serta buah ini dapat meredakan peradangan dan bermanfaat bagi kesehatan gusi. Kandungan vitamin C yang terkandung dalam stroberi, berguna untuk produksi kolagen yaitu protein yang mampu melawan penyakit periodontal. Buah ini dipercaya dapat mencerahkan warna gigi karena kandungan asam malat yang ada di dalamnya.

Anggur

Anggur merupakan buah yang kaya antioksidan, sehingga mampu melawan bakteri penyebab penyakit periodontal. Buah ini mengandung fungsi antosianin untuk mencegah menempelnya plak pada permukaan gigi. Beberapa penelitian mengasumsikan anggur memiliki manfaat untuk mengurangi risiko kanker mulut.
Baca Juga: "APD" Paling Jitu, yang Jarang Dipublikasikan! Dokter Gigi Wajib Tahu ! Baca Juga: Menciptakan Tempat Kerja Dental yang Sehat

Agar kesehatan gigi lebih optimal, maka disarankan untuk sikat gigi teratur, menkonsumsi buah-buahan serta hidup sehat.

Referensi Artikel: Klikdokter