COVID-19 mengubah dunia kita! Bagaimana Dokter gigi dapat berkontribusi

Dalam era COVID-19, sangat penting bahwa pasien menghindari semua penyakit dan infeksi yang dapat dicegah. William Fell, DDS, menjelaskan bagaimana membangun kesehatan mulut yang ideal memiliki potensi untuk mempengaruhi hasil kesehatan secara keseluruhan.alat kesehatan gigi | Supplier dental | Dokter gigi COVID-19 memaksa banyak dokter gigi untuk mengubah status quo dan memikirkan kembali pendekatan "oldschool" terhadap perawatan pasien klinis. Berikut pemikiran dari William , bukan sebagai satu-satunya cara yang dapat diterima untuk melakukan sesuatu, tetapi sebagai pendekatan yang layak untuk teknik skrining dan perawatan di rumah untuk perawatan periodontitis dalam lingkungan pandemi saat ini. Salah satu dari banyak konsekuensi COVID-19 adalah bahwa ahli kesehatan gigi dan dokter gigi perlu melakukan bagian mereka sebagai “pengasuh esensial”. Dengan keterampilan penting para Dokter gigi, Tenaga Medis perawatan kesehatan gigi dapat membantu pasien menghilangkan infeksi periodontal aktif dan mengurangi tingkat peradangan sistemik, berpotensi meningkatkan kemampuan mereka untuk melawan COVID-19 atau mencapai hasil yang lebih baik jika mereka terinfeksi. Infeksi di seluruh tubuh telah menunjukkan bahwa mereka dapat memulai perubahan dalam respon imun tubuh dengan memunculkan produksi mediator biologis pro-inflamasi. Bahan kimia semacam itu meningkatkan respons imun dan memberi sinyal sistem kekebalan pasien untuk bereaksi berlebihan. Reaksi berlebihan semacam itu dapat dimulai dengan kesalahan identifikasi "diri" (mis., Protein atau sel autologus) sebagai benda asing. Ini dapat dimediasi oleh perubahan yang disebabkan melalui interaksi dengan patogen yang mengubah jaringan manusia. Pengobatan infeksi kronis yang sedang berlangsung, seperti penyakit periodontal, adalah salah satu metode untuk menghilangkan bahan yang diaktifkan tersebut dengan mengurangi beban mikroba intraoral dan menyembuhkan epitel kantung ulserasi yang ada pada peradangan gingiva. Sudah diketahui bahwa efek penyakit periodontal melampaui rongga mulut. Krisis COVID-19 telah memengaruhi semua aspek kehidupan kita sehari-hari. Banyak kekhawatiran masyarakat, termasuk kesehatan mulut, telah dimasukkan ke dalam burner dan dibandingkan dengan keprihatinan para Dokter gigi tentang COVID-19 dan morbiditas dan mortalitasnya. Dalam kondisi saat ini, mungkin sebenarnya lebih penting untuk mengurangi potensi infeksi dan beban inflamasi sistemik. Bahkan telah didalilkan bahwa pengurangan tingkat infeksi lokal dan sistemik dapat melindungi terhadap hasil COVID-19 yang paling parah. Membangun kesehatan mulut yang ideal, termasuk pengobatan penyakit periodontal, memiliki potensi untuk mempengaruhi hasil COVID-19 sekalipun.

Bukti saat ini

Webinar dari Dr. Mia Geisinger and Katrin M. Sanders’ yang bertajuk : Creaky joints and bleeding gums: RA and periodontitis, menyoroti hubungan antara patogen sulkular yang dapat bermigrasi melalui epitel sulkular ulserasi dan kondisi autoimun, rheumatoid arthritis (RA) . Link penting ini mengingatkan kita sekali lagi bahwa epitel sulkular yang sehat adalah penghalang utama yang mencegah lebih dari 700 spesies mikroba yang diketahui hadir dalam rongga mulut yang berdampak buruk bagi kesehatan sistemik. Dengan demikian, penilaian komprehensif, pencegahan, dan pengobatan kondisi periodontal mungkin penting untuk membangun resistensi untuk infeksi eksogen lainnya, seperti COVID-19. Artikel dari Dr. Scott Froum’s, Can periodontal disease be a contributing factor for COVID-19 severity? menanyakan apakah dampak sistemik periodontitis pada sistem kekebalan tubuh kita juga dapat menjelaskan beberapa gejala dan tingkat kelangsungan hidup yang beragam yang kita lihat dalam populasi. Dalam banyak hal, periodontitis adalah penyakit bisu. Sementara kami sebagai profesional perawatan kesehatan gigi menyadari pentingnya mengimpor penyakit periodontal, banyak pasien tidak mengenali tanda-tanda penyakit periodontal atau pentingnya kesehatan periodontal. Mengingat keprihatinan para dokter gigi mengenai dampak sistemik periodontitis yang meluas, penting bagi kami untuk mengidentifikasi beban penyakit periodontal dan mengatasi penyakit penting ini. Teknik RF Bleeding Index menggunakan adanya pendarahan dari jaringan interproksimal setelah pengambilan interdental ditempatkan pada kedalaman dasar sulkus dan didorong ke aspek lingual. Pick kemudian ditarik, dan ada atau tidak adanya perdarahan dicatat. Pendarahan adalah tanda sentinel penyakit aktif dan dapat menunjukkan adanya infeksi dan penyakit periodontal yang sedang berlangsung. Untuk membantu pasien mencapai peningkatan kesehatan periodontal, penyedia layanan kesehatan gigi idealnya memiliki tes cepat dan sederhana untuk menilai tingkat kesehatan jaringan interproksimal dan bantuan yang sama sederhana untuk penyembuhan jaringan sulkular yang terinfeksi dan mengalami ulserasi. RF Bleeding Index dapat menawarkan teknik seperti itu untuk menilai kesehatan periodontal interproksimal sementara pada saat yang sama menggunakan pick sebagai bantuan penyembuhan sederhana seperti yang dijelaskan dalam artikel The Swedish wonder. Teknik-teknik ini akan memungkinkan pasien dan praktisi dokter gigi untuk menetapkan parameter untuk pengawasan kesehatan periodontal.

Pemikiran penutup

Penyedia layanan kesehatan gigi dan dokter gigi memang penting dan sangat penting untuk pemeliharaan kesehatan mulut dan keseluruhan. Adalah penting bahwa sebagai penyedia layanan kesehatan yang penting, kita terbuka untuk memperluas pengetahuan kita dan daftar klinis kita untuk melayani pasien kita dengan sebaik-baiknya. Indeks Pendarahan RF dapat menjadi salah satu alat yang memungkinkan Anda untuk mendiagnosis dan merawat pasien Anda dengan lebih baik Bertahun-tahun yang lalu,William bertanya kepada salah seorang mentor saya, Dr. Gordon Christensen, tentang pemikirannya tentang teknik ini. Dia mendorong William dan menyarankan agar dia menunjukkan keefektifannya melalui presentasi kasus dengan contoh sebelum dan sesudah teknik ini ketika digunakan oleh pasien dalam praktik saya. Ketika terpapar hasilnya, Dr. Christensen menjadi tertarik dan menganjurkan penggunaannya dalam beberapa program pelatihan untuk kesehatan gigi. Perluasan pajanan ini dapat memungkinkan diagnosis yang lebih baik dan pengobatan bertarget peradangan periodontal dan gingiva dan, melalui perawatan itu, juga meningkatkan kesehatan sistemik.

Membayangkan masa depan yang ideal

Pandemi virus corona telah menyoroti perlunya perawatan interdisipliner. Menunjuk advokat kesehatan mulut di setiap rumah sakit dapat memungkinkan pengakuan dan integrasi kesehatan mulut ke dalam keseluruhan rencana perawatan kesehatan pasien. Telah diketahui bahwa dalam banyak kasus pneumonia nosokomial (yaitu yang ditularkan di rumah sakit), agen bakteri penyebabnya adalah berasal dari mulut. Mengingat rendahnya tingkat impor yang ditetapkan untuk kebersihan mulut untuk pasien yang dirawat di rumah sakit, terutama mereka yang tidak dapat memberikan kebersihan mulut. sendiri (misalnya mereka yang menggunakan ventilator karena gangguan pernapasan parah) ada kemungkinan signifikan bahwa kebersihan mulut yang buruk akan berdampak pada keseluruhan perjalanan penyakit dan kesejahteraan mereka. Selain itu, mengendalikan sumber infeksi dan peradangan yang jauh sebelum intervensi bedah sangat penting untuk memberikan hasil yang optimal. Penyakit periodontal harus diakui sebagai sumber potensial untuk infeksi dan peradangan tersebut, dan tim interprofesional harus bekerja untuk mengendalikan kondisi periodontal sebelum perawatan bedah yang tidak muncul. Pendukung kesehatan mulut dapat berfungsi sebagai penghubung untuk mengadvokasi pasien dan untuk membahas implikasi infeksi periodontal dengan dokter, dokter gigi, perawat, dan staf perawatan medis lainnya. Mereka berpotensi menggunakan Indeks Pendarahan RF sebagai teknik sederhana untuk mengidentifikasi pasien yang berisiko. Idealnya, CEO rumah sakit dapat menilai nilai advokat kesehatan mulut melalui penurunan morbiditas dan mortalitas dan tingkat rawat inap pasien yang menjalani perawatan dalam sistem rumah sakit mereka.     Sumber :
  1. Krebs CC. Memorandum on identification of essential critical infrastructure workers during COVID-19 response. US Dept. of Homeland Security Cybersecurity & Infrastructure Security Agency. March 19, 2020. https://www.cisa.gov/sites/default/files/publications/CISA-Guidance-on-Essential-Critical-Infrastructure-Workers-1-20-508c.pdf
  2. COVID-19 pandemic operational guidance for the 2020 hurricane season. US Dept. of Homeland Security Federal Emergency Management Agency. May 2020. https://www.fema.gov/media-library-data/1589997234798-adb5ce5cb98a7a89e3e1800becf0eb65/2020_Hurricane_Pandemic_Plan.pdf
  3. Pitones-Rubio V, Chávez-Cortez EG, Hurtado-Camarena A, González-Rascón A, Serafín-Higuera N. Is periodontal disease a risk factor for severe COVID-19 illness? June 19, 2020. Med Hypotheses. 2020;144:109969. doi:10.1016/j.mehy.2020.109969
  4. Geisinger ML, Sanders KM. Creaky joints and bleeding gums: RA and periodontitis. Dental Economics webinar. June 22, 2020. https://www.dentaleconomics.com/home/webinar/14177519/dentsply-sirona-creaky-joints-and-bleeding-gums-ra-and-periodontitis
  5. Froum S. Can periodontal disease be a contributing factor for COVID-19 severity? Perio-Implant Advisory. July 8, 2020. https://www.perioimplantadvisory.com/clinical-tips/periodontal-complications/article/14179112/can-periodontal-disease-be-a-contributing-factor-for-covid19-severity
  6. Chapple ILC, Mealey BL, Van Dyke TE, et al. Periodontal health and gingival diseases and conditions on an intact and a reduced periodontium: Consensus report of workgroup 1 of the 2017 World Workshop on the Classification of Periodontal and Peri-Implant Diseases and Conditions. J Periodontol. 2018;89 Suppl 1:S74-S84. doi:10.1002/JPER.17-0719
  7. Scannapieco FA. Pneumonia in nonambulatory patients. The role of oral bacteria and oral hygiene [published correction appears in J Am Dent Assoc. 2008 Mar;139(3):252]. J Am Dent Assoc. 2006;137 Suppl:21S-25S. doi:10.14219/jada.archive.2006.0400
Tentang Penulis : William Fell, DDS, adalah anggota kelas 1968 pertama sekolah gigi UCLA. Dia terlibat dengan proyek penelitian tentang interaksi pasien elektronik, data pasien, instruksi dan kemampuan siswa untuk meninjau semua kuliah setelah fakta di perpustakaan elektronik. Dia juga melakukan penelitian untuk meningkatkan akurasi casting di UCLA. Dia memiliki paten gigi dan nondental. Artikelnya, One visit composite dan ikatan amalgam untuk restorasi posterior estetik yang kuat, telah diterbitkan di JADA.   Baca juga :Ekstrak Rumput Laut dalam Sushi dapat Melindungi Kita Dari COVID-19 ?

#New Normal