Memahami perawatan Face Shield — Prepare for the New Normal

Karena sebagian besar pekerja perawatan kesehatan gigi dalam era the New Normal kemungkinan akan menggunakan kembali Faceshield mereka, penting untuk memahami cara membersihkan dan mendisinfeksi peralatan pelindung pribadi (APD) ini. Pembersihan yang tepat dan efektif adalah topik hangat di media online. Biasanya, komentarnya spontan dan anekdot. Minggu lalu, Anne Nugent Guignon, seorang Dental Hygienist menghabiskan berjam-jam mencoba untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini. Anne menghubungi banyak distributor dan produsen dan sejujurnya ada sangat sedikit konsensus mengenai cara merawat perangkat ini, tetapi inilah yang ia pelajari.

FACESHIELD PLASTIK

Beberapa bahan Face shield sebenarnya  plastik, tetapi Face shield dibuat dengan berbagai bahan plastik , termasuk polikarbonat dan polietilen tereftalat (juga dikenal sebagai PET atau poliester). Beberapa bahan lebih kaku dari yang lain dan beberapa Face shield lebih tahan gores, memperpanjang umur Face shield secara keseluruhan. Kejernihan pandangan dalam Face shield juga penting.

MEMILAH INFORMASI

Kadang perusahaan ditributor tidak memiliki protokol pembersihan khusus. Keputusan ini didasarkan pada pabrikan yang tidak memiliki izin khusus dari Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) tentang pembersihan dan disinfektan produk khusus mereka. Ada juga yang produknya hanya untuk sekali pakai dan merekomendasikan perisai tersebut harus dibuang setelah setiap pasien menggunakannya. Produsen lain memiliki berbagai tanggapan termasuk menggunakan sabun dan air putih, atau produk yang disetujui EPA yang biasa digunakan sebagai disinfektan permukaan keras atau pembersih di kantor gigi, atau 70% isopropil alkohol sebagai desinfektan. Kurangnya informasi atau saran yang saling bertentangan tidak mengejutkan. Sampai pandemi baru-baru ini beberapa profesional gigi secara rutin mengenakan Faceshield dalam era new normal ini, sehingga cukup sederhana percakapan ini adalah hal yang baru untuk sebagian besar perusahaan

PEMBERSIHAN FACESHIELD & DISINFEKSINYA

Untuk menghindari goresan/ lecet pada permukaan, rendam Faceshield dengan air hangat untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran. Tambahkan satu cawan pencuci piring ringan untuk mengurangi tegangan permukaan, dan memungkinkan air sabun menyebar secara merata di permukaan. Gunakan kain atau spons lembut untuk membersihkan Faceshield dengan lembut. Bilas Faceshield dalam air jernih dan keringkan dengan handuk katun lembut atau kain mikrofiber. Ingat sabun dan air menghilangkan mikroba di tangan kita, jadi itu akan bekerja pada perisai Anda juga. Beberapa dokter juga ada yang ingin menggunakan lap atau semprotan desinfektan permukaan, tetapi produk-produk ini dapat meninggalkan residu yang terlihat, yang kemudian perlu dihilangkan kembali. Waktu juga penting ketika datang ke solusi desinfektan. Ikuti instruksi produk tertentu untuk digunakan untuk memastikan disinfeksi yang sempurna. Meskipun pembersihan terlihat cepat dan mungkin tampak efisien, jangka waktu pembersihan perlu kita ikuti. Waktu kontak basah yang dibutuhkan dapat berkisar dari 30 detik hingga 4 menit. Alkohol wipe 70% juga akan mensterilkan dan menjaga permukaan plastik bersih, tetapi sangat penting untuk menghapus bioburden sebelum disinfektan.

TREATMENT YANG MERUSAK FACESHIELD

Hindari menggunakan pembersih rumah tangga yang mengandung amonia atau produk yang diformulasikan untuk membersihkan permukaan kaca. Pembersih seperti ini berpotensi merusak permukaan plastik sehingga permukaannya keruh. Pembersih komersial yang mengandung segala jenis grit juga dikontraindikasikan, termasuk pasta gigi. Hindari menggunakan handuk kertas, yang dapat membuat goresan mikroskopis. Jika Anda khawatir pembersih atau disinfektan tertentu dapat merusak pelindung wajah Anda, mudah untuk menjalankan tes kompatibilitas. Oleskan sedikit produk di tempat yang tidak mencolok pada pelindung, seperti pinggiran. Untuk menghindari momen "oops", pastikan area pengujian tidak terlihat oleh Anda.

PERLINDUNGAN MATA UNTUK PASIEN

Selain Face shield, banyak dokter menawarkan pasien Goggles atau Faceshield.Kemungkinan besar ini akan menjadi the New Normal bagi Klinik gigi. Pelindung mata pasien dapat dibersihkan dan didesinfeksi dengan cara yang sama seperti perisai kami. Setelah kering, simpan kacamata pelindung di dalam tas kunci khusus. Pasien terikat untuk menghargai pertimbangan tambahan ini.

PERLINDUNGAN MATA UNTUK PASIEN

Menurut OSHA, pekerja perawatan kesehatan gigi klinis dianggap memiliki risiko paparan COVID-19 yang sangat tinggi. Pedoman saat ini termasuk meminimalkan penggunaan handpieces gigi, jarum suntik air udara, dan scaler gigi ultrasonik dan prosedur penghasil aerosol lainnya. OSHA merekomendasikan penggunaan sistem hisap HVAC berdiameter 8 mm untuk membantu menangkap percikan dan mengontrol aerosol. Selain masker, pelindung wajah direkomendasikan untuk semua prosedur penghasil aerosol pada semua pasien yang dipertimbangkan dengan baik, dan untuk prosedur apa pun saat merawat orang yang dicurigai atau dikonfirmasi COVID-19. Selain itu, OSHA merekomendasikan untuk melakukan tugas sebanyak mungkin dari area perawatan pasien, seperti membersihkan pelindung wajah.     sumber : https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/hcp/ppe-strategy/eye-protection.html https://www.osha.gov/SLTC/covid-19/hazardrecognition.html OSHA: Interim Guidance for Workers and Employers of Workers at Increased Risk of Occupational Exposure CDC: Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Guidance for dental settings CDC: Strategies for optimizing the supply of eye protection