Mengenal Lebih Dekat Istilah Odontektomi

Odontektomi biasa dikenal dengan operasi gigi yang merupakan prosedur pencabutan gigi. Bedanya dengan prosedur cabut gigi biasa adalah pada odontektomi terdapat langkah pembedahan untuk memisahkan gusi dan jaringan lainnya yang mempersulit pencabutan gigi.

Secara garis besar, odontektomi adalah operasi yang dilakukan untuk mengangkat sebagian atau keseluruhan gigi yang mengalami impaksi di dalam tulang dengan melibatkan sebagian jaringan tulang dan mengeluarkan tulang yang tertanam di dalamnya. Sehingga dapat dikatakan odontektomi dapat dilakukan setelah berkonsultasi kepada dokter atau kondisi gigi yang tergolong khusus.
Baca Juga: 10 Penyebab Periodontitis yang Melampaui Kebersihan Mulut
Operasi ini merupakan operasi singkat dan tidak sakit karena menggunakan anestesi atau bius lokal. Namun bisa juga dengan anestesi umum. Dengan dilakukannya pembiusan, anda tidak merasakan sakit. Setelah pembiusan, akan dilakukan pembersihan kemudian dokter akan melakukan sayatan pada gusi dan pencabutan gigi dan dijahit untuk menutup luka.'

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk luka di gusi kembali pasca odontektomi?

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah yang dikutip dari alodokter "bisa sangat bervariasi bergantung dari keparahan impaksi yang terjadi sebelumnya, berapa gigi yang diekstraksi, jenis odontektomi seperti apa yang dijalani, perawatan yang dilakukan pasca odontektomi, serta adakah komplikasi pasca operasi yang terjadi, misalnya infeksi atau perdarahan. Namun, pada umumnya, luka luar akan sembuh dalam waktu 1 hingga 2 minggu, bisa lebih singkat, bisa juga lebih lambat."