Pelajaran Yang Diambil Dokter Gigi Saat Pandemi COVID-19

Ada yang mengatakan bahwa COVID-19 mengubah segalanya adalah pernyataan yang sedikit meremehkan. Faktanya, selama dua tahun terakhir, seluruh profesi dokter gigi harus mengubah cara pasien dirawat untuk memastikan keselamatan mereka. Dan meskipun pandemi masih menimbulkan ancaman dalam hal tingkat kepositifan yang berfluktuasi, pasien yang menolak vaksinasi dan pengulangan virus baru, banyak dari praktik gigi yang dilakukan selama puncak COVID terus menunjukkan pelajaran penting tentang pengendalian dan pencegahan infeksi, masalah yang telah menjadi yang terpenting dan akan terus menjadi misi penting untuk bergerak maju.

Pelajaran dari pandemi yang lalu

Sejak munculnya virus AIDS kedokteran gigi harus memeriksa kembali praktiknya begitu mendesak dalam kaitannya dengan kesehatan pasien dan staf. Dalam banyak hal, pelajaran yang dipetik selama hari-hari awal krisis AIDS membuktikan bahwa industri ini dapat berputar dengan cepat dan berhasil karena penelitian baru menghasilkan jawaban atas pertanyaan tentang segala hal mulai dari penularan hingga pencegahan. Hal yang sama terbukti benar untuk pandemi ini, tetapi praktik kedokteran gigi sekarang menghadapi patogen pernapasan yang terkait dengan COVID-19 alih-alih patogen yang ditularkan melalui darah seperti pandemi sebelumnya. Untungnya, banyak perbaikan pencegahan infeksi telah dilaksanakan dalam menanggapi AIDS lebih dari 30 tahun yang lalu. Misalnya, semua dokter gigi memakai sarung tangan saat berinteraksi dengan pasien, tidak hanya selama prosedur, dan handpiece disterilkan setiap kali digunakan (itu tidak selalu benar sebelum AIDS). Masker dan kacamata pelindung telah menjadi standar, meskipun kebutuhan akan penggunaan alat pelindung diri (APD) yang lebih baik dan meningkat selama COVID. Dengan cara yang sama bahwa penanganan benda tajam yang lebih baik mencegah kecelakaan yang dapat berisiko infeksi dari cairan tubuh, sistem udara, ventilasi, desain kantor, dan jarak sosial yang ditingkatkan saat ini telah membantu mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di udara. Produk lain yang telah terbukti efektif termasuk penghalang penutup plastik sekali pakai pada pegangan lampu operator, kursi gigi, baki, dan pengaturan handpiece. Memastikan bahwa permukaan yang rentan terhadap kontaminasi tetap bersih memiliki dampak besar pada pengurangan agen yang berpotensi menular.

Standar pengendalian infeksi baru akan tetap ada

Karena COVID-19 masih jauh dari selesai, banyak protokol lain yang menjadi standar saat profesi dokter gigi menatap masa depan. Yang paling umum dari protokol baru ini termasuk disinfeksi yang sering dan prosedur penyaringan COVID-19 (termasuk pemeriksaan suhu, jarak sosial, dan pemakaian masker) untuk staf dan pasien. Sebagian besar upaya yang telah dilakukan untuk memikirkan kembali cara praktik kedokteran gigi merawat pasien selama pandemi berkaitan dengan pembersihan dan APD seperti halnya mendidik pasien dan staf tentang faktor risiko. Ini berarti menstandardisasi perilaku baru yang kemungkinan akan menjadi bagian dari kedokteran gigi di masa depan, seperti memberikan waktu antara pasien di ruang operasi di mana partikel virus dapat bertahan di udara. Beberapa praktik telah berinvestasi dalam sistem penyaringan udara efisiensi tinggi untuk mengurangi risiko dan merampingkan alur kerja. Ketika praktik kedokteran gigi ditutup karena risiko pandemi dan kurangnya APD, banyak penyedia layanan tahu bahwa mereka perlu mengatasi ketakutan tentang virus tersebut untuk akhirnya dapat kembali merawat pasien. Ketersediaan vaksin mengubah cara industri bergerak maju, tetapi pencegahan infeksi dan komunikasi tetap menjadi elemen penting bagi pengalaman pasien.

Hasil positif

Ketika dokter gigi terus menyeimbangkan protokol praktis dengan tindakan pencegahan yang berhasil, staf dan pasien tampaknya telah memperoleh apresiasi baru akan pentingnya pengendalian infeksi dan praktik pencegahan - banyak di antaranya memiliki dampak positif pada pasien yang paling berisiko. Dengan mengingat hal ini, menggunakan produk seperti obat kumur yodium dapat membantu tidak hanya menonaktifkan virus di rongga mulut tetapi juga menenangkan saat digunakan sebagai obat kumur sebelum prosedur. Beberapa dokter gigi mungkin hanya menerapkan pembilasan ini sebagai respons terhadap risiko pandemi, tetapi mereka sekarang melihat manfaat tambahannya. Masih praktik gigi lainnya, banyak di antaranya telah menambahkan alat seperti aerosol suction dan air purifier, dan tidak mungkin kembali bekerja tanpanya. Sekali lagi, pandemi menciptakan alasan untuk mengambil langkah selanjutnya menuju pengendalian infeksi yang lebih baik, sebuah langkah yang pada akhirnya dapat melawan bahaya apa pun pandemi berikutnya.

Pertahankan dan tujuan masa depan

Faktanya, pandemi telah menyatukan banyak praktik gigi. Selain berbagi informasi klinis, ketika profesional gigi bertemu melalui asosiasi ini, mereka mengembangkan persahabatan profesional selama salah satu masa paling menantang di generasi kita. Para profesional gigi telah belajar banyak dari dua tahun terakhir bahwa mereka akan melanjutkan dengan cara-cara baru yang menjanjikan. Terlepas dari hilangnya nyawa yang luar biasa dan tantangan yang sedang berlangsung, protokol pengendalian infeksi terkemuka di industri gigi, persediaan APD yang cukup, bilasan antivirus, vaksinasi dan booster, dan teledentistry semuanya telah mengubah industri menjadi lebih baik.