Peradangan dan Biofilm: Mana yang Lebih Dulu?

Apakah disbiosis memicu peradangan atau sebaliknya? Richard Nagelberg melihat bagaimana apa yang kita pahami berdampak pada pengobatan penyakit periodontal. [caption id="" align="aligncenter" width="720"] © Olgavolodina | Dreamstime.com[/caption] Kita memahami bahwa patogen periodontal dalam biofilm oral memobilisasi respon inflamasi, yang pada gilirannya menyebabkan kerusakan jaringan periodontal melalui berbagai mediator inflamasi. Kita juga baru-baru ini memahami bahwa sebenarnya peradanganlah yang memilih spesies bakteri dalam biofilm, yang menyebabkan disbiosis. Jadi, mana yang lebih dulu? Apakah ini pertanyaan tentang ayam dan telur? Secara historis, perkembangan penyakit periodontal diilustrasikan secara linier — artinya satu peristiwa mengarah ke peristiwa berikutnya, yang mengarah ke peristiwa berikutnya, dan seterusnya. Dalam model ini, tidak ada pertanyaan tentang ayam-dan-telur karena prosesnya dimulai dengan biofilm. Tubuh manusia begitu kompleks sehingga proses perkembangan penyakit linier tidak biasa terjadi. Sistem kekebalan terus memantau dan menangani berbagai gangguan pada tubuh, seperti mikrobiota, radiasi ultraviolet (UV) dari matahari, serbuk sari, udara, air, patogen bawaan makanan, dan iritan, di antara banyak lainnya.
Baca juga :bisakah karbamid peroksida digunakan sebagai penanggulangan tambahan Covid-19 ?  Baca juga : Mengapa kesehatan gigi dan muut penting untuk strategi pandemi jangka panjang
Tetapi bagaimana jika perkembangan penyakit periodontal tidak linier, melainkan siklis? Bagaimana jika ini merupakan kontinum berkelanjutan di mana kedua proses terjadi secara bersamaan, menciptakan keseimbangan yang rumit yang dapat diganggu oleh sejumlah faktor? Penyakit disebabkan oleh interaksi yang diperkuat secara timbal balik antara komunitas polimikroba dan respons inflamasi inang. Jadi, pertanyaan ayam-dan-telur — apakah disbiosis memicu peradangan atau sebaliknya — dilewati. Dalam model ini, ada penekanan pada proses siklik kontinyu di mana disbiosis dan inflamasi diperkuat secara timbal balik dan merupakan pendorong aktual periodontitis.1 Dengan kata lain, kedua peristiwa tersebut terjadi secara bersamaan dalam putaran umpan-maju. Bagaimana informasi ini mempengaruhi pengobatan penyakit periodontal? Pendekatan antibakteri tradisional scaling dan root planing (SRP) bersama dengan perawatan di rumah belum berhasil dengan baik. Perawatan baru yang memutus siklus destruktif dengan menargetkan respons inflamasi tampaknya logis, karena pendekatan antimikroba terhadap biofilm hanya berhasil terbatas dan tampaknya tidak mengganggu siklus tersebut sebagaimana dibuktikan dengan tingginya prevalensi penyakit periodontal. Mudah-mudahan tidak lama lagi kita punya cara yang benar-benar efektif untuk mengurangi kejadian penyakit periodontal. Catatan editor: Artikel ini pertama kali muncul di buletin Through the Loupes, sebuah publikasi dari Endeavour Business Media Dental Group. Sumber Referensi
  1. Lamont RJ, Koo H, Hajishengallis G. The oral microbiota: dynamic communities and host interactions. Nat Rev Microbiol. 2018;16(12):745-759. doi: 10.1038/s41579-018-0089-x