Sariawan Bisa Jadi Tanda Awal Infeksi COVID-19?

Pasien yang mengalami gejala pernapasan atas ringan atau tidak mengalami ulkus lidah dalam beberapa hari setelah dites positif SARS-CoV-2 dalam analisis baru, dijelaskan dalam sebuah surat kepada editor pada 5 September di Penyakit Mulut. Sariawan di Lidah mungkin merupakan gejala awal infeksi oleh virus, dan kerentanan awal mukosa mulut terhadap SARS-CoV-2 mungkin karena ekspresi tinggi angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2) di sel epitel lidah, penulis menulis. "Sariawan lidah dapat menjadi manifestasi langsung dari infeksi SARS-CoV-2 atau sebagai koinfeksi karena disregulasi kekebalan," tulis penulis, yang dipimpin oleh Abanoub Riad, DDS, PhD, seorang peneliti di Pusat Bukti Nasional Ceko. Perawatan Kesehatan dan Penerjemahan Pengetahuan Berbasis di Masaryk University. Beberapa bukti telah menunjukkan hubungan antara manifestasi mulut, termasuk ruam mulut, dan virus corona baru, yang memicu perdebatan tentang penyebab, prognosis, dan signifikansi. Para peneliti percaya mereka tidak dilaporkan atau ditemukan secara tidak sengaja karena ketidakmampuan beberapa pasien untuk menjalani pemeriksaan rutin dan rendahnya kematian lesi mukokutan mulut seperti virus herpes simpleks dan sariawan kronis. Untuk lebih memahami hal ini, pedoman Laporan Kasus (CARE) digunakan untuk mendemonstrasikan karakteristik 26 pasien COVID-19 yang dikonfirmasi di laboratorium dengan sariawan lidah. Tentang pasien Para peneliti menggunakan catatan rumah sakit untuk menganalisis ciri-ciri demografi, klinis, dan laboratorium pasien yang menderita sariawan lidah dan mengunjungi rumah sakit antara April dan Juni 2020. Awalnya, pasien ini diduga menderita SARS-CoV-2 karena kasus yang dikonfirmasi di antara anggota. rumah tangga mereka. Tes reaksi berantai polimerase (PCR) mengkonfirmasi infeksi mereka. Tidak ada pasien yang memiliki kondisi yang mendasari, sebagian besar memiliki gejala pernapasan ringan atau tidak ada sama sekali, dan tidak ada yang dirawat di rumah sakit. Adapun gejala yang biasanya terkait dengan SARS-CoV-2, empat pasien mengalami demam, tiga kehilangan indra perasa, satu mengalami batuk kering, dan dua mengalami sakit tenggorokan, menurut penulis. Sariawan datang lebih awal Sekitar 54% pasien mengalami sariawan lidah lima hari setelah mereka diuji untuk SARS-CoV-2. Sisanya mengembangkannya dalam empat hari atau memilikinya pada hari pengujian. Tidak ada pasien yang melaporkan riwayat sariawan atau ulkus, menurut Dr. Riad dan rekan. Pemeriksaan intraoral menunjukkan bahwa semua pasien memiliki ulkus di dorsum atau sisi lidah, dan beberapa juga di permukaan ventral. Jumlah ulkus berkisar dari satu sampai tujuh per pasien. Hanya sedikit yang memiliki sariawan yang berdarah, tulis mereka. Para pasien diresepkan parasetamol oral dan disuruh menggunakan obat kumur klorheksidin. Ulkusnya hilang dalam satu hingga dua minggu. Para penulis menganalisis catatan pasien SARS-CoV-2-positif untuk meningkatkan bukti yang ada tentang hubungan antara manifestasi oral dan COVID-19, catat mereka. "Sepengetahuan kami, rangkaian kasus ini adalah yang terbesar hingga saat ini yang memberikan laporan epidemiologi pada ulkus lidah yang berdekatan dengan infeksi SARS-CoV-2 dengan gejala pernapasan bagian atas ringan atau tanpa gejala pernapasan atas," tulis kelompok tersebut.

#covid #diskon alat kesehatan gigi #Sariawan di lidah pertanda covid #sariawan lidah