Tips Merawat Pasien Yang Memiliki Gigi Sensitif

Diperkirakan 1 dari 8 orang memiliki gigi sensitif. Dengan memahami penyebab, diagnosis, manajemen, dan pencegahan dari kondisi yang terlalu umum ini, Anda dapat mengetahui akar masalahnya dan lebih dari sekadar menyarankan pasta gigi desensitisasi dan mendiskusikan kebiasaan kebersihan mulut. Sebagai seorang dokter gigi, Anda mungkin pernah mendengar cerita dari pasien yang tidak bisa lagi menikmati secangkir kopi pagi atau es krim karena gigi sensitif mereka. Sementara tindakan sederhana adalah mendiskusikan kebiasaan kebersihan mulut mereka dan menyarankan pasta gigi desensitisasi, penting untuk memahami penyebab, diagnosis, manajemen klinis, dan strategi pencegahan untuk mengatasi gigi sensitif.

Penyebab gigi sensitif

Gigi sensitif umumnya didefinisikan sebagai rasa sakit yang pendek dan tajam yang timbul dari dentin yang terbuka. Meskipun tidak ada pedoman yang diterima secara universal untuk mendiagnosis hipersensitivitas dentin, secara umum diterima bahwa gigi sensitif biasanya disebabkan oleh enamel gigi yang aus atau akar gigi yang terbuka. Lebih banyak lagi penyebab gigi sensitif diantaranya seperti karies gigi, gigi retak atau terkelupas, tambalan yang aus atau penyakit gusi juga dapat menjadi penyebab gigi sensitif pasien. American Dental Association (ADA) mencantumkan kemungkinan penyebab gigi sensitif berikut ini:
  • Kerusakan gigi (gigi berlubang)
  • Gigi patah
  • Tambalan usang
  • Penyakit gusi
  • Enamel gigi aus
  • Akar gigi terbuka
Peran dari dokter gigi dan ahli kesehatan gigi untuk bekerja sama mengidentifikasi penyebab gigi sensitif dengan meninjau riwayat pasien, pemeriksaan mulut dan dengan mewawancarai pasien.

Diagnosis dan manajemen klinis gigi sensitif

Untungnya bagi pasien, gigi sensitif bisa dirawat. Pilihan pengobatan yang dokter gigi pilih untuk pasien akan tergantung pada penyebabnya. Tapi titik awal yang baik atau saran pertama sering merekomendasikan pasta gigi desensitisasi, yang mengandung senyawa yang membantu menghalangi sensasi perjalanan dari permukaan gigi ke saraf. Pastikan untuk menjelaskan kepada pasien bahwa mungkin memerlukan beberapa aplikasi perawatan sebelum sensitivitas berkurang. Jika pasta gigi desensitisasi tidak mengurangi ketidaknyamanan pada pasien, perawatan di klinik gigi mungkin diperlukan. Gel fluoride atau agen desensitisasi dapat dioleskan ke area sensitif pada gigi yang terkena. Jika gejala gigi sensitif tetap ada, perawatan lain seperti penambalan, mahkota, inlay atau bonding mungkin diperlukan untuk memperbaiki cacat atau pembusukan yang menyebabkan gigi sensitif. Sekali lagi, pilihan perawatan mana yang harus dipilih akan tergantung pada penyebab gigi sensitif. Jika ada resesi gusi, pasien mungkin memerlukan cangkok gusi bedah untuk menutupi akar, melindungi gigi dan mengurangi gigi sensitif. Dalam kasus di mana gigi sensitif parah dan persisten dan tidak dapat diobati dengan cara lain, perawatan endodontik mungkin diperlukan.

Mencegah gigi sensitif

Membahas pilihan perawatan gigi sensitif adalah saat yang tepat untuk juga menekankan pentingnya kebersihan mulut yang tepat karena ini adalah kunci untuk mencegah sakit gigi sensitif. Pastikan untuk bertanya kepada pasien tentang kebiasaan kebersihan mulut mereka dan berikan saran untuk perbaikan. Banyak kebiasaan kebersihan mulut seperti menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride dua kali sehari mungkin sudah umum, tetapi cara lain untuk menjaga email gigi mungkin merupakan konsep baru bagi pasien dengan gigi sensitif. Misalnya, banyak pasien mungkin tidak tahu bahwa makan atau minum makanan dan minuman asam, seperti minuman berkarbonasi, buah jeruk, dan anggur dapat menghilangkan sejumlah kecil email gigi seiring waktu. Jelaskan kepada pasien bahwa tidak apa-apa untuk sesekali menikmati minuman berkarbonasi atau segelas anggur, tetapi penting untuk mengatasinya dengan minum air untuk menyeimbangkan kadar asam di mulut mereka. Memahami penyebab yang mendasari gigi sensitif dan cara mengatasi masalah dengan pasien sangat penting untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan pengalaman pasien secara keseluruhan. Bersikap terbuka dan tulus saat membahas pentingnya kebiasaan kebersihan mulut yang tepat sebagai strategi pencegahan akan membantu Anda membangun hubungan yang langgeng dan setia dengan pasien Anda.