Kasus Patologi yang Sering Ditemui di Era COVID-19, Stress kah Penyebabnya?

Stacey Gividen menyajikan kasus patologi yang menjadi marak di era COVID-19 ini. mungkinkah karena stres? Tiroid dan tamoxifen (obat kanker payudara) adalah satu-satunya obatnya. Keluhan utama pasien pada pemeriksaan ingatannya: "Mulut terbakar, bercak putih di bawah bibirku ... apa yang terjadi di sini, dokter? Itu berlangsung sekitar tiga minggu. "   [caption id="" align="alignleft" width="273"] gambar 1[/caption] Saya langsung bertanya, “Apakah pola makan Anda berubah? Apakah Anda mengalami perubahan dalam pengobatan Anda? Mulut lebih kering? Apakah kamu pernah stres? ” Tidak, tidak, ya, dan terutama ya. Lihatlah foto awal. Apa hal pertama yang terlintas di benak Anda? Bercak putih, berwarna krem ​​yang tersebar di ruang depan anterior bawah, masing-masing berukuran sekitar. 3–6 mm (gambar 1). Sekarang, lihat gambar kedua setelah bercak putih mudah dibersihkan dengan kain kasa (gambar 2). Perhatikan merah, jaringan selaput tipis? Sangat lembut saat disentuh. Yup, Anda dapat menebaknya. Kandidiasis pseudomembran yang baik, alias sariawan. Mari kita minum obat sariawan (tabel 1). Candida albicans muncul sebagai komensal yang terinfeksi ketika terjadi perubahan imunitas inang. Ini oportunistik dan biasanya yang pertama memanfaatkan pengurangan sistem pertahanan sel inang. Ketidakseimbangan rongga mulut sering terjadi dan sering menjadi tempat terjadinya infeksi ini.1 Gambaran klinis rongga mulut bervariasi; beberapa muncul sebagai bercak / lesi putih (beberapa hilang, yang lain tidak), sementara yang lain tampak berwarna merah cerah. C. albicans memiliki berbagai bentuk, masing-masing menampilkan sedikit berbeda:
  • Kandidiasis pseudomembran akut terdiri dari bagian epitel deskuamatif yang lembut dan longgar yang mudah dihilangkan.1 Jaringan merah yang lembut saat disentuh menyebabkan nyeri pada pasien.
  • Kandidiasis atrofi (eritematosa) muncul dengan mukosa merah cerah, menipis, dan halus dengan rasa terbakar dan sensitif; hal ini biasanya disebut sebagai “sakit gigi palsu di mulut.” 1
  • Kandidiasis hiperplastik kronis terdiri dari plak atau papula putih dengan latar belakang eritematosa; itu asimtomatik dan tidak menular.1 Kasus yang disajikan sebelumnya didiagnosis sebagai bentuk sariawan.
Lesi oral yang umum terkait dengan C. albicans meliputi:
  • Angular cheilitis (perleche) terjadi ketika celah bilateral mulut tertutup rapat dan kemudian menjadi terinfeksi; sering terjadi pada kehilangan gigi dan pemakai gigitiruan
  • Glositis romboid median adalah bercak eritematosa yang tidak bergejala, memanjang, dan memanjang pada permukaan middorsal lidah karena infeksi kandidiasis; ini biasa terjadi pada perokok dan pemakai gigi palsu
Untuk semua infeksi C. albicans, pengobatannya adalah nistatin (sebagai bilasan atau penyeka), klotrimazol (biasanya diresepkan sebagai troche / permen), dan Diflucan (flukonazol; biasa diresepkan sebagai obat oral). Obat kumur ajaib, dalam kasus di mana rasa sakit hadir, membantu mengelola gejala sampai lesi sembuh. (Resep: satu bagian kental 2% lidokain, satu bagian Maalox, dan satu bagian diphenhydramine 12,5 mg / 5 ml. Dosis: 1–2 sdt. 2–3x / hari prn. Saya biasanya memberikan 1–2 isi ulang dengan botol 150 ml .)   Catatan editor: Artikel ini pertama kali muncul di buletin Through the Loupes, sebuah publikasi dari Endeavour Business Media Dental Group.Dengan pasien khusus ini, disarankan agar dia mencoba mengurangi stresnya. Modalitas manajemen mulut kering juga dibahas. Selain itu, skrip untuk obat kumur ajaib dan tablet hisap troche dibagikan.   Referensi :
  1. Sapp JP, Eversole LR, Wysocki GP. Contemporary Oral and Maxillofacial Pathology. Mosby; 1997:4-5.

#asisten dokter gigi #asisten gigi #diskon alat kesehatan gigi #droplet #kasus patologi #klinik gigi #lesi mulut #patologi #PSBB #WHO