Kenali Perbedaan COVID-19 Varian Alfa, Beta, Gamma, dan Delta

Sejak akhir tahun 2020, virus corona telah bermutasi menjadi berbagai jenis atau varian baru yaitu Alpha, Beta, Gamma, dan Delta. Varian baru dari virus corona telah muncul dan menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Agar Anda tidak bingung dan lebih waspada, beri tahu kami perbedaannya.

Sejauh ini, beberapa ahli dan institusi kesehatan di seluruh dunia, termasuk World Health Organization, telah menemukan mutasi pada virus SARS-CoV-2. Varian atau jenis virus corona baru penyebab COVID-19 ini diberi nama varian Alpha, Beta, Gamma, dan Delta.

Pada dasarnya, semua virus, termasuk coronavirus atau SARS-CoV-2, berubah dan bermutasi seiring waktu. Ini sebagai bentuk pertahanan terhadap virus agar bisa terus berkembang biak. Sayangnya, beberapa dari perubahan ini akan mempengaruhi penyebaran atau kecepatan virus dan tingkat keparahan penyakit. Ada juga kekhawatiran bahwa mutasi pada virus corona dapat memengaruhi efektivitas vaksin COVID-19 yang tersedia saat ini.

Perbedaan varian COVID-19 Alpha, Beta, Gamma, dan Delta

Varian virus memiliki satu atau lebih mutasi yang membuatnya berbeda dari varian lainnya. Menurut WHO, beberapa varian virus corona baru terdaftar sebagai varian yang menjadi perhatian, yaitu :

1. Varian Alfa

• Kode varian: B. 1.1.7
  • Kasus pertama yang terdeteksi: Inggris, September 2020
  • Tingkat penularan virus: 43-90% lebih menular daripada virus corona sebelumnya
  • Tingkat keparahan infeksi: lebih mungkin menyebabkan gejala parah dan meningkatkan risiko rawat inap karena jenis awal virus corona
  • Seperti yang kita ketahui bersama, varian Alpha dari COVID-19 menyebar lebih cepat karena dapat menembus sistem kekebalan tubuh manusia dengan lebih baik. Bahkan, sejak April 2021, varian ini menjadi salah satu varian utama virus corona di Amerika Serikat dan Inggris.
Laporan kasus hingga saat ini menunjukkan bahwa pasien COVID-19 yang terinfeksi virus corona varian Alpha mungkin mengalami gejala yang lebih parah. Namun, di antara orang yang telah divaksinasi COVID-19, gejala infeksi virus corona jenis baru ini biasanya ringan.

2. Varian Beta

• Kode varian: B. 1.351
  • Kasus pertama terdeteksi: Afrika Selatan, Mei 2020
  • Tingkat penularan virus: tidak diketahui
  • Tingkat keparahan infeksi: lebih mungkin menyebabkan gejala COVID-19 yang parah
  • Seperti yang kita semua tahu, varian Beta dari COVID-19 lebih mungkin menyebar dari orang ke orang. Gejala infeksi virus corona varian ini biasanya mirip dengan gejala umum COVID-19, namun varian Beta COVID-19 diketahui lebih resisten terhadap jenis pengobatan tertentu.
Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pada orang yang telah menerima vaksin COVID-19 (seperti vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna), varian Beta COVID-19 cenderung memiliki gejala yang lebih ringan.

3. Varian gamma

• Kode varian: P.1
  • Kasus pertama yang terdeteksi: Brasil, November 2020
  • Tingkat penularan virus: tidak diketahui
  • Tingkat keparahan infeksi: kemungkinan resistensi terhadap pengobatan COVID-19
  • Varian COVID-19 ini pertama kali ditemukan di Brasil dan Jepang. Meski jenis mutasinya berbeda dengan varian lainnya, namun virus corona varian gamma diketahui menimbulkan gejala yang mirip dengan varian lain, seperti varian Beta.
Hingga saat ini, efektivitas vaksin COVID-19 terhadap varian Gamma masih belum jelas, dan penelitian masih terus dilakukan.

4. Varian Delta

• Kode varian: 1617.2
  • Kasus pertama kali ditemukan: India, Oktober 2020
  • Tingkat penularan virus:30–100% lebih mudah menular dari varian Alfa
  • Tingkat keparahan infeksi:potensi peningkatan risiko dibutuhkannya rawat inap hampir dua kali lipat dari varian Alfa
Varian Delta dari virus Corona adalah varian yang paling mudah menular dan menyebar dengan cepat. Sejak awal ditemukan kasus hingga Juni 2021, infeksi varian Delta sudah menyebar ke 74 negara dan bahkan sudah menjadi varian dominan di India dan Inggris. Infeksi virus Corona varian Delta diketahui lebih sering ditemukan pada orang dewasa muda. Di Inggris, penelitian menemukan bahwa anak-anak dan orang dewasa di bawah umur 50 tahun hampir tiga kali lebih berisiko untuk terinfeksi varian ini. Virus corona varian Delta merupakan jenis varian yang sangat mudah menular. Kepala Ilmuwan Badan Kesehatan Dunia (WHO) Soumya Swaminathan mengatakan, varian Delta saat ini tengah dalam perjalanan untuk menjadi varian yang dominan secara global karena peningkatan penularannya. Seperti yang terjadi di Inggris.

Hanya tiga bulan setelah pertama kali ditemukan di Inggris, Delta telah mencetak lebih dari 99 persen kasus di sana. “(Delta) bisa dengan cepat mengungguli varian lain. Kami melihatnya di Inggris, kami melihatnya di seluruh Eropa, dan kami juga melihatnya di Amerika Serikat (AS). Delta dengan cepat menjadi strain yang dominan,” kata Catherine Bennett, Ketua Epidemiologi Deakin University. Namun, kabar baiknya penelitian sejauh ini menunjukkan bahwa vaksin COVID-19, seperti vaksin Astrazenca dan vaksin Pfizer, dinilai mampu memberikan perlindungan hingga sekitar 60–79% terhadap varian Delta dengan dosis pemberian penuh sebanyak 2 dosis.
Baca Juga : 5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Terkait Mutasi Varian Baru Virus Corona B117 yang Masuk di Indonesia Baca Juga : Dokter Gigi Kembali bekerja setelah COVID-19: Protokol kesehatan orang dengan gejala ataupun tanpa gejala
Itulah berbagai perbedaan COVID-19 varian Alfa, Beta, Gamma, dan Delta yang penting untuk Anda pahami. Dengan adanya penyebaran varian baru tersebut, saat ini gejala COVID-19 bisa bervariasi juga tingkat keparahannya. Namun, secara umum, gejala COVID-19 yang timbul akibat infeksi virus Corona varian baru tersebut tidak jauh berbeda dengan gejala COVID-19 pada umumnya, antara lain:
  • Batuk
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri otot
  • Anosmia
Pada kasus tertentu, COVID-19 varian Alfa, Beta, Gamma, dan Delta juga bisa menimbulkan gejala yang lebih parah, seperti sesak napas, dada berdebar-debar, berkurangnya nafsu makan, hingga penurunan kesadaran atau koma. Gejala berat tersebut umumnya akan lebih berisiko muncul pada kelompok lansia atau penderita penyakit penyerta, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau asma.

Pencegahan penularan virus corona

Meski mutasi virus corona terus berlangsung, namun pencegahan penularan masih sama, yakni menjalankan protokol kesehatan antara lain:
  • Memakai masker
  • Mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih
  • Menjaga jarak
  • Menghindari kerumunan
  • Menjalani imunisasi
Itulah beragam varian baru virus corona beserta gejala dan cara mencegah penularan. Semoga pandemi segera berakhir.
sumber :