Kondisi Kesehatan Gigi Yang Biasa Dialami Pasien

Ketika kebanyakan dari kita memikirkan keadaan yang tidak biasa, pikiran kita langsung tertuju ke rumah sakit. Tapi bagi mereka yang menderita bruxism dan kondisi kesehatan mulut lainnya yang merusak email dan struktur gigi lebih mungkin untuk datang ke klinik gigi terdekat. Berikut ini adalah kondisi kesehatan gigi yang biasa dialami pasien.

Sakit Gigi

Meskipun rasa sakit bukanlah sesuatu yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang, sakit gigi bisa lebih parah daripada kebanyakan rasa sakit lainnya. Dalam kebanyakan kasus, kerusakan gigi yang parah adalah penyebab utama di balik sakit gigi. Kompres dingin dan obat-obatan yang dijual bebas dapat membantu mengurangi beberapa rasa sakit. Namun, seorang dokter gigi akan diperlukan untuk menghilangkan kerusakan gigi tersebut. Jika pasien mengalami pembengkakan bersamaan dengan rasa sakit, itu pertanda bahwa harus segera memeriksakannya. Jika sakit gigi pasien disebabkan oleh bruxism, dokter gigi dapat merekomendasikan beberapa peralatan malam hari yang membantu mencegah hal ini.

Gigi Patah

Dokter gigi sudah familiar dengan rata-rata gigi yang patah atau terkelupas. Entah itu akibat menggigit terlalu keras atau menerima pukulan keras di wajah, pada akhirnya, gigi bisa patah. Hal ini berlaku terutama bagi mereka yang menderita bruxism karena kondisi ini melemahkan integritas struktural gigi. Biasanya, gigi yang lebih lemah lebih rentan patah. Yang terbaik adalah menggunakan kompres dingin dan menghindari makanan keras sampai pasien mencari bantuan dokter gigi.

Gigi Berlubang

Bila pasien memiliki lubang pada giginya, dokter gigi akan menggantinya dengan tambalan atau implan gigi lengkap dengan mahkota di atasnya. Sayangnya, perbaikan tersebut tidak sekuat gigi asli. Tambalan dapat ditarik keluar, dan mahkota dapat terlepas. Pasien sebaiknya menyimpan isian atau mahkota jika memungkinkan. Hindari makan atau minum apa pun selain air putih sampai dokter gigi dapat memasang kembali mahkota gigi atau memasukkan tambalan lain. Jika tidak, pasien berisiko menginfeksi kembali gigi dan gusi.

Gigi Rusak

Ini biasanya terjadi ketika ada kekuatan tumpul yang diterapkan pada wajah, seperti memukulkan bola baseball ke rahang. Pasien harus segera menemukan gigi yang copot dan membilas sisi akarnya. Pastikan pasien menghindari penggosokan atau pembuangan bagian dari jaringan yang menempel karena dapat digunakan kembali untuk menyambungkan kembali gigi. Pasien harus menyimpan gigi dalam air atau susu dengan sedikit garam untuk membantu mengawetkannya sampai tiba di klinik dokter gigi. Dalam skenario ini, semakin cepat pasien sampai di sana, semakin besar kemungkinan mereka akan dapat memasang kembali gigi yang copot.

Perawatan Ortodontik Yang Rusak

Banyak orang melakukan perawatan ortodontik untuk membantu menata ulang gigi mereka yang sudah ada. Sayangnya, perangkat ortodontik terkadang bisa rusak. Bila ini terjadi, bisa berbahaya bagi bagian dalam pipi dan gusi pasien. Misalnya, jika salah satu kawat putus pada kawat gigi, hal itu dapat menusuk pipi atau gusi dan membuat mulut lebih tidak nyaman. Hal yang terbaik adalah dengan mencoba membengkokkan kawat yang putus ke posisi yang lebih nyaman dan menutupinya dengan lilin ortodontik sampai pasien bisa datang ke dokter gigi.

Abses

Mungkin salah satu alasan paling menyakitkan pasien harus pergi ke dokter gigi adalah karena memiliki abses di mulut. Ini hanyalah infeksi di akar gigi atau di ruang antara gigi dan gusi. Ini adalah kondisi serius yang dapat mempengaruhi bagian tubuh lainnya jika tidak ditangani. Dokter gigi akan melihat abses dengan penampilan fisik seperti jerawat di gusi pasien. Pasien dapat membilas mulutnya dengan air dan es untuk membantu meredakan sementara sampai pasien masuk ke ruang gawat darurat dokter gigi.

Komplikasi Pasca Prosedur Perawatan

Jika pasien baru saja menjalani operasi gigi, selalu ada kemungkinan terjadinya pendarahan atau komplikasi pasca-prosedur. Setelah prosedur gigi, dokter gigi harus memberi tahu pasien tentang tanda-tanda potensial yang perlu diperhatikan yang menunjukkan bahwa ada masalah pasca-prosedur perawatan. Jika pasien mengalami salah satu dari masalah ini seperti pendarahan yang terus-menerus, pasien pasti ingin agar masalah tersebut segera dievaluasi oleh dokter gigi.

Gigi Goyang

Jika pasien menyadari bahwa salah satu giginya tampak bergerak, pasien perlu mengevaluasinya dengan cermat. Selain itu jika pasien dapat dengan bebas menggoyangkan gigi di dalam mulut, itu perlu segera dievaluasi oleh seorang dokter gigi. Pasien tidak ingin membiarkan masalah ini berlanjut karena gigi bisa benar-benar rontok. Seorang dokter gigi dapat membersihkan area tersebut dan bekerja untuk memasang kembali gigi dengan sukses. Waktu sangat penting dalam hal menangani gigi yang goyang.

Cedera Jaringan Lunak

Ada banyak jaringan lunak yang membentuk mulut seseorang. Ini termasuk bibir, gusi, lidah, dan bagian dalam pipi. Setiap kali salah satu dari struktur jaringan ini terluka, ia dapat dengan mudah terinfeksi. Jika pasien pernah mengalami tusukan, robekan, atau bahkan laserasi, pasien tersebut perlu membilas area tersebut dengan air hangat dan menekannya untuk menghentikan pendarahan. Pasien dokter gigi ingin masalah ini dievaluasi secara baik oleh dokter gigi. Maka, dokter gigi akan dapat membersihkan area tersebut dengan benar untuk mencegah terjadinya infeksi.

Kerusakan Gigi Parah

Jika gigi telah rusak parah, itu perlu diperbaiki lebih cepat daripada nanti. Membiarkan gigi membusuk berkembang sepenuhnya dapat merusak gigi dan dapat menyebabkan infeksi besar yang menyebar ke seluruh gusi pasien. Jika pasien merasakan secara fisik dapat melihat adanya pembusukan pada bagian luar gigi, itu harus segera diperiksa oleh dokter gigi. Semakin lama pasien menunggu, semakin berbahaya bagi dompet dan kesehatan mulut pasien. Dalam kasus yang jarang terjadi, pembusukan dapat menyebar melalui sinus dan ke otak.