Penanganan Istrumen dan Alat Pelayanan Kedokteran Gigi

Di masa pandemi, penanganan terhadap instrumen & alat pelayanan kedokteran gigi sangatlah krusial. Hal tersebut karena seorang dokter gigi, perawat gigi bahkan pasien, dapat dengan mudah terpapar virus akibat lalai dalam menangani instrumen atau alat pasca pelayanan.

Terdapat tiga jenis peralatan pada pelayanan kedokteran gigi;

1. Peralatan kritis Peralatan yang masuk ke dalam pembuluh darah atau jaringan mulut. Misalnya instrumen bedah, periodontal scaller, scalpel, bur diamond, serta bur tulang. Alat-alat ini harus di sterilkan. 2. Peralatan Semi Kritis Peralatan yang masuk ke dalam rongga mulut tetapi tidak masuk ke dalam rongga jaringan mulut. Misalnya instrumen diagnosa, kondensor, sendok cetak, dan handpiece. Alat-alat semi kritis perlu di sterilkan atau Didisinfeksi Tingkat Tinggi/DTT. 3. Peralatan Non Kritis Peralatan yang tidak masuk ke dalam rongga mulut. Misalnya tensi meter, occipital calipers, radiograph cone, glass plate, semen spatel, dan hepafilter portable. Alat-alat ini perlu disinfeksi tingkat rendah. Gambar 1. Dental aerosol dan droplet Alat-alat lain seperti Dental Unit, Aerosol Suction, Light cure, hingga Rotary masuk ke dalam kategori semi non kritis. Hal tersebut karena alat-alat ini sering terpapar percikan darah dan cairan pasien/droplet. Khusus untuk aerosol suction harus didisinfeksi.
Baca Juga: Lakukan Cara Ini Supaya Dental Unit Awet!

Terdapat beberapa istilah terkait penanganan istrumen dan alat pelayanan kedokteran gigi. Diantaranya;

1. Dekontaminasi Suatu proses untuk menghilangkan mikro organisme patogen dan kotoran dari suatu benda sehingga aman untuk penggunaan selanjutnya, termasuk pembersihan, disinfeksi dan sterilisasi. 2. Disinfeksi Proses inaktivasi micro organisme melalui sistem thermal atau kimia. 3. Sterilisasi Proses penghancuran semua micro organisme termasuk spora melalui cara fisika dan kimia 4. Steril Kondisi bebas dari semua micro organisme termasuk spora. 5. Autoclave/Autoklaf Suatu alat/mesin yang digunakan untuk sterilisasi dengan menggunakan uap bertekanan tinggi.
Pesan Alat-Alat Dental Sekarang Juga!
Referensi Artikel: PPI Cobra Dental Indonesia

#alat dan bahan kedokteran gigi