Tahapan Pembersihan Alat Dental Pasca Pelayanan

Setelah melakukan praktik atau pelayanan kesehatan gigi. Alat-alat yang digunakan selama praktik atau pelayanan akan sangat kotor bahkan terdapat mikro organisme hingga virus dan bakteri. Maka, perlu dilakukan pembersihan alat dental pasca pelayanan dilakukan secara rutin dan teliti agar tidak adanya mikro organisme, virus, atau jenis bakteri yang masih menempel pada alat dental.

Baca Juga: Dear Pasien: Ke Dokter Gigi Itu bukan 'hanya pembersihan'

Berikut ini terdapat 4 proses tahapan pembersihan alat dental pasca pelayanan hingga steril.

1. Pre Cleaning Tahapan ini dilakukan dengan merendam alat dalam larutan enzymatik/detergen/ klorin selama 10 menit dengan tujuan untuk melepas noda, darah, lemak dan cairan tubuh lainnya dari suatu benda. Dilakukan agar mudah untuk pengelolaan selanjutnya. 2. Pembersihan instrumen Tahapan yang dilakukan dengan membersihkan instrumen menggunakan sabun dan air/detergen dan sikat gigi/sikat khusus untuk menghilangkan semua materi organik (darah dan saliva), kotoran lain. Lakukan di bawah permukaan air untuk menghindari cipratan. Lalu bilas dengan air mengalir umtuk membersihkan seluruh larutan detergen lalu keringkan dengan handuk bersih/paper towel (untuk bedah menggunakan handuk steril).

3. Pengemasan Masukkan instrumen ke dalam pouch khusus (sistem one doze/ 1 paket misal paket penambalan, skeling, Perawatan saluan akar, diagnosis. Kemudian, masukan indikator internal, tutup sealing dan beri tanda (tanggal disterilkan dan tanggal expired dan tanda sub bagian jika perlu).   4. Sterilisasi Pada tahap ini, terdapat tiga jenis sterilisasi. Bila menggunakan autoklaf digunakan temperatur 121◦C (250◦F) tekanan 15 psi (pressure per square inch) selama 30 menit. Bila menggunakan panci tekan 20-30 menit setelah uap keluar. Bila memakai sterilisasi kering masukan tanpa pouch sterilkan dalam suhu 160◦C selama 2 jam atau 180◦C selama 1 jam.
Pesan Instrumen Dokter Gigi Sekarang Juga!
Referensi Artikel: PPI Cobra Dental Indonesia

#alat dan bahan kedokteran gigi #alat kesehatan dokter gigi #asisten dokter gigi