Tahukah Anda Kebiasaan Merawat Gigi Mana Saja yang Dapat Membatasi Penyebaran COVID-19?

Orang yang hidup dengan setidaknya satu orang yang dites positif COVID-19 dan menyikat lidah setiap hari cenderung tidak terinfeksi oleh novel coronavirus, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 19 Oktober di BMC Oral Health.

Namun, menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang, atau menggunakan larutan kumur tidak berpengaruh signifikan pada apakah mereka yang tinggal di rumah yang sama terinfeksi. Meskipun banyak orang mengambil tindakan pengendalian infeksi seperti membersihkan sikat gigi dan tidak berbagi sikat gigi dan selang pasta gigi, beberapa infeksi silang terjadi, tulis para penulis. "Hasil ini dapat diinterpretasikan untuk menunjukkan lidah sebagai organ mulut utama yang bertindak sebagai reservoir COVID-19 dan pentingnya menyikat gigi untuk menurunkan viral load individu pembawa," tulis kelompok yang dipimpin oleh María José González ‑ Olmo dari departemen kedokteran gigi di Universitas Rey Juan Carlos di Madrid.

Kebiasaan teman serumah

Upaya global untuk membendung SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, termasuk menjaga kebersihan yang baik, menjaga jarak aman dari orang lain, dan membersihkan permukaan. Penelitian awal menunjukkan bahwa mulut adalah tempat yang kuat untuk infeksi dan penularan virus, dan bukti lain menunjukkan bahwa menjaga kebersihan mulut yang baik juga dapat menghentikan penyebaran. Di sini, para peneliti bertujuan untuk menentukan apakah penyalahgunaan kebersihan gigi akan memfasilitasi penyebaran COVID-19 di antara orang yang tinggal bersama. Sekitar 300 orang yang tinggal di Spanyol dikirimi kuesioner online pada April 2020, sekitar empat minggu setelah negara itu ditutup karena pandemi. Semua responden tinggal dan berbagi kamar mandi dengan orang lain. Sekitar 170 orang terinfeksi silang dari teman serumah, para peneliti menemukan.   Baca juga : apa yang harus dilakukan ketika dokter menganggap covid dengan remeh

Rutinitas yang paling penting

Sekitar 34% dari semua peserta melaporkan bahwa mereka menyikat gigi dua kali atau lebih setiap hari, sekitar 20% membersihkan gigi setiap hari, sekitar 15% menggunakan bilas setiap hari, dan sekitar 17% menyikat lidah setiap hari. Sikat lidah lebih banyak digunakan pada mereka yang tidak menularkan penyakit ke anggota rumah tangga lainnya (t = 2.202; p = 0.029). Dari mereka yang berada dalam kelompok infeksi silang, 127 wadah sikat gigi bersama dan 43 tidak. Pada kelompok tanpa infeksi silang, 65 wadah sikat bersama dan 67 tidak. Hanya sebagian kecil dari kedua kelompok yang mendisinfeksi sikat mereka dengan pemutih setiap hari. Sebanyak 276 peserta tidak mendisinfeksi kuas mereka. Dari 25 orang yang membersihkan sikatnya, sekitar sepertiganya masih terinfeksi virus corona baru. Selain itu, sekitar 5% dari kelompok yang terinfeksi silang (delapan orang) berbagi sikat gigi dengan seseorang yang tinggal bersamanya. Dari mereka yang tidak terinfeksi, hanya satu yang berbagi sikat gigi. Studi ini memiliki beberapa keterbatasan, menurut penulis. Misalnya, data dilaporkan sendiri, dan aerosol serta viabilitas permukaan SARS-CoV-2 di rumah peserta tidak dapat diukur karena penguncian.

Dorong kebiasaan baik

Namun demikian, dokter gigi harus mendorong pasien untuk menjaga kebersihan mulut yang baik, termasuk membersihkan gigi dengan benang dan menyikat lidah, dan untuk menghindari tindakan seperti berbagi sikat gigi atau menyimpan sikat dengan orang lain. "Penggunaan tindakan yang tidak tepat di lingkungan gigi dapat berkontribusi pada penularan tidak langsung COVID-19 antar sesama," tulis mereka.

#diskon alat kesehatan gigi