Scaling Root Planing : Tindakan Efektif untuk  Kesehatan Gigi Mulut!

Scaling Root Planing : Tindakan Efektif untuk Kesehatan Gigi Mulut!

Pada semua kasus, seberapapun keparahan penyakitnya, fase inisial dalam tahapan terapi periodontal yang pasti dilakukan adalah Scaling dan root planning. Selain itu juga ada instruksi untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut sesuai kondisinya. SRP adalah prosedur menghilangkan semua deposit yang lunak ataupun kasar pada bagian gigi dan akar.

Pernah bertemu pasien dengan kasus karang gigi seperti ini?

Biasanya hal ini terjadi pada pasien yang belum pernah membersihkan karang gigi dengan kebersihan gigi mulut yang tidak terkontrol dengan baik. Maka dari itu, karang gigi juga merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit periodontal. Dalam beberapa penelitian ada anggapan jika sebagian besar peradangan pada jaringan lunak sulkus gingiva berhubungan dengan kalkuus dan sisa kalkulus yang masih ada di daerah tersebut pasca SRP.

Setelah SRP apakah pasien perlu dievaluasi?

Jawabannya adalah perlu. Dokter gigi perlu mengevaluasi apakah pasien sudah menerapkan cara membersihkan gigi yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya, selain itu evaluasi harus dilakukan untuk menentukan apakah tujuan terapeutik pengendalian peradangan telah tercapai. Pengendalian peradangan pada jaringan periodontal biasanya ditentukan oleh tidak adanya perdarahan pada pemeriksaan (BOP) dan pengurangan kedalaman poket. Sayangnya, sering kali tujuan ini tidak tercapai. Karena pada beberapa kasus masih ada kalkulus subgingiva yang belum dibersihkan total, sehingga membutuhkan perawatan periodontal lebih lanjut.

Kapan waktu evaluasi pada pasien?

Waktu evaluasi pada setiap pasien bisa jadi berbeda bisa dari 6 minggu sampai 3 bulan pasca SRP pertama, karena tergantung kasus pada pasien tersebut. Namun pada kasus yang kompleks (stage 3 atau 4) diperlukan evaluasi lebih dulu karena biasanya pasien akan butuh terapi periodontal lanjutan. Jika inflamasi pasien terkontrol, dalam artian tidak ada BOP dan kedalaman poket ≤ 4 mm maka pasien boleh dijadwalkan untuk evaluasi dalam interval 3 sampai 6 bulan.

Untuk mendukung praktik scaling dengan kebutuhan pasien yang tinggi terutama pada bulan puasa ini, dibutuhkan scaler yang canggih dan terkenal awet karena tahan rusak, yaitu..

Ultrasonic Scaler Piezo ART P1

Cobra Buddies akan mendapatkan 3 jenis tip scaler yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan cobra buddies. Selain itu, Piezo ART P1 ini cocok untuk dokter gigi yang banyak melakukan tindakan SRP terus menerus. Menggunakan spesifikasi ART- dari Taiwan yang sudah pasti canggih dan mampu melakukan tindakan scaling berkelanjutan.

Referensi :

Harrel, SK., et al. Calculus as a Risk Factor for Periodontal Disease: Narrative Review on Treatment Indications When the Response to Scaling and Root Planing is Inadequate. Dent J (Basel). 2022 Oct: 10(10): 195.

Arif. Bolehkan Melakukan Perawatan Gigi Saat Berpuasa? Fatwa MUI Dokter Gigi. https://fkg.unair.ac.id/en/2023/04/06/bolehkah-melakukan-perawatan-gigi-saat-ber-puasa-fatwa-mui-dokter-gigi/ diakses pada 26 Maret 2024