Mengapa Kesehatan Mulut & Gigi Sangat Penting untuk Strategi COVID-19 Jangka Panjang

Banyak faktor risiko COVID-19 yang terdaftar di CDC memiliki kaitan dengan penyakit mulut. Para ahli gigi dapat membantu pasien mengelola risiko mereka dengan mengingat hubungan sistemik oral.

Pada tanggal 29 Maret 2021 , CDC AS memperbarui halaman1 daftar kondisi medis tertentu yang mempengaruhi individu untuk terjangkit COVID-19
  • Type 1 diabetes
  • Penyakit Liver
  • Infeksi HIV
  • Cystic fibrosis
  • Berat Badan Berlebih ( diluar obesitas dan hal lain yg sudah masuk ke dalam list )
Pembaruan datang pada saat pergeseran dalam pandemi COVID-19. Pada awal Maret, Amerika Serikat melewati tahap untuk memvaksinasi setengah dari semua orang dewasa di atas usia 65,2 (CDC menyatakan bahwa lebih dari 80% kematian COVID-19 terjadi pada orang yang berusia di atas 65.1) Banyak negara bagian lain di Amerika serikat telah membuka layanan vaksinasi untuk setiap orang dewasa yang ingin menerimanya. Namun, varian SARS-CoV-2 dan, di beberapa tempat, jumlah kasus yang meningkat tetap menjadi perhatian. Saat ini belum ada vaksin yang di approve untuk yang berusia di bawah 16 tahun. Banyak penyakit kronis, termasuk sebagian besar yang ditambahkan ke daftar CDC, memiliki kaitan langsung dengan penyakit mulut. Namun banyak orang masih khawatir  atau tidak mampu, melakukan perawatan kesehatan mulut ke dokter gigi . Pada awal pandemi, kekurangan APD dan kekhawatiran tentang aerosolisasi partikel virus, di antara faktor-faktor lain, memicu penutupan kedokteran gigi selama berminggu-minggu dan membuat banyak pasien takut untuk memenuhi janji setelah praktik dibuka kembali. Namun, waktu telah menunjukkan bahwa praktik dokter gigi dapat beroperasi dengan aman, terutama jika dibandingkan dengan pengaturan layanan kesehatan yang lebih umum. Untuk dokter gigi, penelitian oleh ADA dan ADHA menemukan bahwa tingkat infeksi adalah 2,0%; untuk ahli kesehatan gigi, itu 3,1%; untuk semua petugas kesehatan lainnya, sebesar 11% .3 Meskipun hubungan sistemik-oral belum dipetakan secara pasti — dan mungkin, karena logistik yang terlibat, tidak pernah menjadi— bagi para dokter gigi, satu hal tetap benar. Peradangan mulut yang tidak terkontrol dikaitkan dengan kondisi yang dimediasi dengan peradangan lainnya. Banyak dokter menemukan bahwa ketika pasien mampu mengatasi penyakit mulut, kesehatan secara keseluruhan meningkat. Banyak ahli epidemiologi sekarang memprediksi bahwa COVID-19 akan menjadi virus musiman yang endemik Beberapa orang masih ragu-ragu dengan vaksin tersebut, dan beberapa tidak akan pernah memilih untuk menerimanya. Melindungi pasien dari COVID-19 akan terus berlanjut bahkan setelah respirator N-95 dan pemeriksaan suhu hilang. Para dokter gigi dapat membantu pasien mengelola risiko penyakit mereka dengan mengingat hubungan sistemik oral.   Baca juga : pencegahan gigi berlubang sejak dini Baca juga : Covid mengubah dunia kedokteran gigi di dunia   Sumber referensi :
  1. People with certain medical conditions. US Centers for Disease Control and Prevention. Updated March 29, 2021. Accessed April 1, 2021. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/need-extra-precautions/people-with-medical-conditions.htm
  2. The US has vaccinated half its seniors. The next half will be harder. Bloomberg. March 5, 2021. Accessed April 1, 2021. https://www.bloomberg.com/news/articles/2021-03-05/u-s-vaccinated-half-its-seniors-the-next-half-will-be-harder
  3. American Dental Hygienists’ Association, American Dental Association. New research reveals impact of COVID-19 on dental hygienists [webinar]. February 24, 2021. https://zoom.us/rec/play/_0iUNiKUvWRl2mJrINwOg2acZFxoMqzE0dHSqv4GCp2JYvgHfWjVPiM_9FQYXgZOTEZXtQuGptAbvuaK.3mLGnD63GYvLCO0A?autoplay=true&startTime=1614200330000
  4. Nagelberg R. What will it take to prove the oral-systemic links? Dental Economics. January 17, 2018. Accessed April 1, 2021. https://www.dentaleconomics.com/science-tech/article/16385159/what-will-it-take-to-prove-the-oralsystemic-links
  5. Phillips N. The coronavirus is here to stay — here’s what that means. Nature. February 16, 2021. Accessed April 1, 2021. https://www.nature.com/articles/d41586-021-00396-2
  Artikel ini pertama kali tayang pada dentistry.com   Tentang Penulis : Amelia Williamson DeStefano, MA, adalah editor pelaksana senior di Endeavour Business Media Dental Group. Beliau bekerja untuk mengembangkan konten berkualitas tinggi yang memberdayakan para profesional kesehatan mulut untuk memajukan kesejahteraan pasien dan menumbuhkan kegembiraan dan kepuasan profesional. Beliau memegang gelar master dalam Sastra Inggris dari University of Tulsa dan telah bekerja di media gigi sejak 2015.

#alat dan bahan kedokteran gigi #alat kesehatan dokter gigi #cobradental #diskon alat kesehatan gigi #nyaman mengunjungi dokter gigi