Peneliti memperkirakan 0,9% Dokter Gigi Positif COVID-19 Pada Awal Pandemi

Sebuah survei terhadap 2.195 dokter gigi yang diambil pada bulan Juni menemukan bahwa 20 kemungkinan tertular COVID-19. Penemuan ini dipublikasikan kemarin di The Journal of American Dental Association edisi November 2020. Menurut laporan yang diterbitkan dalam The Journal of American Dental Association, 0,9% dokter gigi AS diperkirakan positif COVID-19 pada bulan-bulan awal pandemi.1 Penulis laporan tersebut menganalisis survei National Dental Association (ADA) nasional yang diambil pada awal Juni. Mereka menemukan bahwa "[i] n semuanya, 20 dari 2.195 responden telah terinfeksi COVID-19; berdasarkan usia dan lokasi untuk memperkirakan semua dokter gigi AS, 0,9% (95% CI: 0,5-1,5) telah mengonfirmasi atau kemungkinan COVID -19. " Sumber infeksi tidak tersedia untuk semua kasus. Para penulis menyatakan, "Kemungkinan sumber penularan SARS-CoV-2 diidentifikasi melalui pelacakan kontak melalui lembaga kesehatan atau klinik hanya dalam 5 kasus, dan tidak satu pun dari kasus-kasus itu yang menjadi sumber penularan dari praktik gigi." Peneliti memperkirakan 0,9% Dokter Gigi Positif COVID-19 Pada Awal Pandemi COBRA DENTAL Baca juga : Periodontitis yang tidak diobati dan COVID-19 : Apa buktinya? Meskipun temuannya masih awal, mereka mungkin menyarankan profesional gigi memiliki risiko lebih rendah untuk penularan klinis virus corona daripada yang dikhawatirkan berkat peningkatan tindakan pencegahan keamanan. Laporan yang berjudul "Memperkirakan prevalensi COVID-19 dan praktik pengendalian infeksi di kalangan dokter gigi AS," menemukan bahwa 99,7% dokter gigi menggunakan prosedur pengendalian infeksi yang lebih besar, seperti protokol skrining dan praktik desinfeksi yang ditingkatkan. Selain itu, 72,8% menggunakan alat pelindung diri sesuai dengan pedoman sementara Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit untuk COVID-19. Namun, pada saat survei, beberapa praktik baru dibuka kembali atau melihat sejumlah pasien terbatas, yang mungkin memengaruhi hasil. “Ini adalah kabar baik bagi dokter gigi dan pasien,” kata Marcelo Araujo, DDS, PhD, MS, dalam siaran pers ADA.2 “Ini berarti apa yang dilakukan dokter gigi — meningkatkan pengendalian infeksi dan meningkatkan perhatian pada keselamatan pasien dan tim gigi -sedang bekerja." Dr. Araujo menjabat sebagai kepala petugas sains ADA dan penulis senior laporan tersebut. Temuan ini diyakini sebagai kumpulan skala besar pertama tingkat infeksi dokter gigi AS dan praktik pengendalian infeksi terkait dengan COVID-19. Para penulis, yang termasuk anggota dari ADA Science and Research Institute dan Health Policy Institute, terus mengumpulkan data dan berencana untuk mempublikasikan temuan tambahan tentang tingkat infeksi di antara dokter gigi. Ahli kebersihan gigi juga sedang disurvei bekerja sama dengan American Dental Hygienists 'Association. “Memahami risiko yang terkait dengan penularan COVID-19 di pengaturan gigi sangat penting untuk meningkatkan keselamatan pasien dan tim gigi,” kata Dr. Araujo. “Studi ini membawa kita selangkah lebih maju dalam memahami apa yang berhasil. Dokter gigi mengikuti panduan ADA dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, dan ini membantu menjaga tim gigi dan pasien mereka seaman mungkin. ” Panduan COVID-19 sementara ADA menyerukan penggunaan bendungan karet dan hisap kecepatan tinggi jika memungkinkan dan penskalaan tangan saat membersihkan gigi daripada menggunakan penskalaan ultrasonik untuk meminimalkan aerosol. Laporan tersebut akan dipresentasikan di ADA FDC Virtual Connect Conference, sebuah pertemuan gabungan ADA dan Florida Dental Association, yang diadakan pada tanggal 15-17 Oktober.   Refrensi :
  1. Estrich CG, Mikkelsen M, Morrissey R, Geisinge ML, Ioannidou E, Vujicic M, Araujo MWB. Estimating COVID-19 prevalence and infection control practices among US dentists. J Am Dent Assoc. 2020;151(11):815–824.
  2. Report finds COVID-19 rate among dentists is less than one percent. American Dental Association. October 15, 2019.