10 Penyebab Periodontitis yang Melampaui Kebersihan Mulut

Anda sedang menggosok gigi, jadi mengapa Anda menderita penyakit gusi? Mengetahui berbagai penyebab dapat membantu pencegahan dan pengobatan penyakit gusi. Dokter gigi terkadang harus memberi tahu pasien fakta yang tidak menyenangkan tentang gigi dan gusi mereka. Ketika pasien bersumpah bahwa mereka mempraktikkan kebersihan mulut yang baik, sulit untuk memberi tahu mereka bahwa mereka menderita penyakit gusi, infeksi pada gusi yang menahan gigi kita di tempatnya. Tetapi ada banyak alasan untuk jenis infeksi gusi ini karena penyakit periodontal lebih disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Berikut adalah beberapa faktor lain yang dapat berkontribusi, serta pengobatan penyakit gusi.

Genetik

Penyakit gusi bisa diturunkan dalam keluarga. Riwayat keluarga bisa membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi bakteri mulut ini. Jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki kecenderungan genetik, kebersihan mulut yang rajin, sekali lagi, menjadi lebih penting.
Baca juga : Kebiasaan baik merawat gigi Baca juga : kaitan penyakit gigi dan mulut dengan COVID-19

Bakteri agresif

Beberapa pasien mendapatkan bakteri mematikan yang lebih merusak gusi dan tulang penyangga gigi. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan dan pengeroposan tulang dengan mobilitas gigi, tanpa pasien mengalami nyeri yang nyata. Pasien dengan penyakit gusi jenis ini membutuhkan pengobatan karena kebersihan mulut saja tidak efektif.

Pengobatan

Banyak obat dapat menyebabkan masalah perdarahan atau jaringan gusi membesar. Beberapa obat dapat menyebabkan "mulut kering", yang memungkinkan bakteri menyebar lebih cepat. Penggunaan jangka panjang dari banyak obat cair, antasida, dan obat batuk yang telah dimaniskan dengan gula dapat membuat kebersihan mulut menjadi lebih penting.

Merokok

Bukan hanya rokok yang menjadi masalah dalam hal kesehatan mulut. Penggunaan tembakau dalam bentuk apa pun — termasuk cerutu, pipa, tembakau kunyah, rokok elektrik, dan vaping — membuat orang berisiko dua hingga tiga kali lebih besar terkena penyakit gusi. Merokok memperlambat proses penyembuhan jaringan alami di mulut dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi. Semakin lama seseorang merokok merupakan faktor yang meningkatkan risiko penyakit gusi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa penyakit periodontal (penyakit gusi parah) lebih banyak terjadi pada pria (56,4%) daripada wanita (38,4%) dan bahkan lebih banyak pada perokok (64,2%).

Kehamilan dan perubahan hormonal

Pasien mungkin perlu mempraktikkan kebersihan mulut yang lebih baik jika mereka sedang hamil atau bahkan selama siklus menstruasi. Fluktuasi hormon dapat membuat gusi lebih rentan terhadap penyakit gusi. Penyakit periodontal aktif pada wanita hamil telah dikaitkan dengan komplikasi seperti berat badan lahir rendah dan kelahiran prematur.

Kekurangan Gizi

Gusi berdarah dapat mengarah ke radang gusi, yang merupakan tahap awal penyakit gusi. Tapi pendarahan juga bisa mengindikasikan kekurangan nutrisi seperti Vitamin C. Menambahkan makanan sehat seperti wortel, ubi jalar, dan jeruk dapat membantu. Gizi yang buruk secara umum dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Usia

Menurut CDC, lebih dari 64 juta orang dewasa di atas usia 30 di A.S. memiliki beberapa bentuk penyakit periodontal. Dan risikonya meningkat seiring bertambahnya usia, sama seperti risiko kita untuk gangguan kesehatan lainnya. Statistik dari American Academy of Periodontology menunjukkan bahwa risiko penyakit periodontal, bentuk paling serius dari penyakit gusi, meningkat hingga lebih dari 70% pada orang dewasa di atas usia 65 tahun.

Teknik menyikat yang buruk

Beberapa pasien menyikat gigi hanya sekali sehari, dan orang-orang tersebut cenderung melakukannya di pagi hari. Menyikat gigi sekali sehari saja tidak cukup. Melewatkan menyikat di malam hari memungkinkan plak tumbuh dan berkembang biak, tanpa gangguan. Aliran air liur berkurang di malam hari berarti gigi lebih rentan terhadap bakteri dari partikel makanan kecil yang menempel di gigi di siang hari. Nafas "pagi" yang buruk hanyalah salah satu konsekuensi. Menyikat terlalu keras juga menjadi masalah. Hal ini dapat menyebabkan resesi gusi, yang menyebabkan “kantong” tempat bakteri lebih mudah terbentuk. Dan banyak pasien tidak menghabiskan cukup waktu untuk menyikat gigi — dua menit tampaknya adalah hal yang baik — atau mereka tidak menyikat dengan benar.

Kurangnya flossing

Beberapa tahun yang lalu, flossing menjadi berita ketika survei sensasional Harris Polls yang dilakukan secara online atas nama American Academy of Periodontology menunjukkan bahwa lebih dari seperempat orang Amerika berbohong kepada dokter gigi mereka tentang flossing. Membersihkan gigi dengan benang setiap hari itu penting — benang ini mencapai kantong yang tidak bisa disikat atau bahkan dengan obat kumur. Bahkan jika Anda melihat darah saat membersihkan gigi dengan benang, Anda harus melanjutkan latihan harian. Dan kami sarankan Anda menggunakan benang gigi, bukan pengelupas, jika memungkinkan, untuk menjangkau celah-celah di antara gigi Anda.

Masalah kesehatan secara keseluruhan

Penyakit jantung, diabetes, dan artritis reumatoid merupakan tiga contoh penyakit sistemik yang menyebabkan peradangan yang dapat memperburuk kondisi gusi. Dan banyak penelitian dalam beberapa dekade terakhir secara bersamaan mengaitkan penyakit gusi dengan peningkatan penyakit yang sama. Bakteri berbahaya di mulut diperkirakan berjalan dari mulut ke aliran darah dan paru-paru.

Pengobatan penyakit gusi

Bicaralah dengan dokter gigi atau periodontis Anda untuk mendapatkan diagnosis dan mendiskusikan pilihan pengobatan penyakit gusi. Sebagian besar kantor akan mendidik pasien tentang teknik menyikat dan flossing yang benar. Terlepas dari penyebab penyakit gusi, sekaranglah waktu yang tepat untuk mengobatinya.

#alat dan bahan kedokteran gigi #alat kesehatan dokter gigi #cobradental #diskon alat kesehatan gigi #gum #gum disease #gusi #penyakit gusi #periodontal