3 Tanda Pasien Membutuhkan Perawatan Saluran Akar

Saluran akar memiliki reputasi terburuk dari semua prosedur perawatan gigi. Meskipun reputasi mereka sebagian besar didasarkan pada mitos, banyak orang menghindari pergi ke dokter gigi karena takut diberitahu bahwa mereka membutuhkan saluran akar. Pada kenyataannya, saluran akar dilakukan untuk memulihkan gigi yang rusak parah dan mencegah untuk dicabut. Saluran akar juga meringankan rasa sakit yang berhubungan dengan kerusakan gigi yang parah. Saluran akar diperlukan ketika kerusakan gigi telah mencapai lapisan terdalam gigi, yang dikenal sebagai pulpa gigi. Bila hal ini terjadi maka menyebabkan pulpitis, yaitu infeksi pada saraf dan pembuluh darah yang membentuk pulpa gigi. Pulpitis tidak hanya sangat menyakitkan, tetapi pada akhirnya dapat menyebar ke gigi di sekitarnya melalui pembuluh darah. Jika tidak diobati, itu juga dapat menyebabkan abses terbentuk di dasar akar gigi. Untuk alasan ini, jaringan pulpa yang terinfeksi harus dikeluarkan dari bagian dalam gigi menggunakan saluran akar. Selama saluran akar, lubang kecil dibuat di gigi untuk mengakses bagian dalamnya. Kemudian, berbagai file saluran akar digunakan untuk mengangkat jaringan yang terinfeksi. Rongga yang kosong kemudian dibersihkan, diisi, dan direstorasi dengan mahkota gigi. Meskipun hanya dokter gigi yang dapat mengetahui apakah saluran akar diperlukan, berikut adalah tiga tanda infeksi pulpa yang mungkin memerlukan saluran akar:

Rasa sakit

Rasa sakit adalah salah satu tanda paling jelas bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Nyatanya, rasa sakit seringkali menjadi gejala yang akhirnya meyakinkan orang untuk berkunjung ke dokter gigi. Sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi pulpa umumnya merupakan rasa sakit yang dalam dan berdenyut, yang datang secara tiba-tiba dan terus memburuk dari waktu ke waktu. Ini juga bisa menjadi lebih buruk saat mengunyah atau menekan gigi yang sakit. Dalam beberapa kasus rasa sakit bisa datang dan pergi, sementara yang lain mungkin konstan. Sakit gigi juga bisa disertai dengan gigi sensitif, yaitu rasa sakit yang dalam dan tiba-tiba yang terjadi saat gigi terpapar makanan dan minuman yang panas, dingin, atau manis. Sensitivitas gigi yang disebabkan oleh infeksi pulpa umumnya cenderung bertahan bahkan setelah stimulus dihilangkan. Meskipun rasa sakit adalah gejala umum dari infeksi pulpa, penting untuk diperhatikan bahwa beberapa infeksi pulpa dini mungkin tidak terasa nyeri dan hanya terdeteksi dengan rontgen gigi.

Gigi Berubah Warna

Tanda lain infeksi pulpa yang membutuhkan saluran akar adalah perubahan warna gigi yang tidak sesuai dengan tetangganya. Perubahan warna pada satu gigi dapat terjadi ketika bagian dalam gigi itu mulai mati karena infeksi. Akibatnya, gigi yang terkena mungkin berwarna kuning, abu-abu, coklat muda, atau hitam. Setiap kali melihat satu gigi dengan perubahan warna, sebaiknya buatlah janji dengan dokter gigi untuk mengetahui penyebabnya.

Kelainan Gusi

Meskipun infeksi pulpa terutama menyerang bagian dalam gigi, infeksi ini juga dapat berdampak pada gusi. Ini karena kelebihan bakteri dari infeksi dapat menyebar ke jaringan gusi dan menyebabkannya terinfeksi juga. Dalam beberapa kasus, ini dapat menyebabkan penyakit gusi, sementara dalam kasus lain, hal itu hanya dapat mempengaruhi jaringan gusi di sekitar gigi yang terkena. Setiap kali gusi merah, bengkak, atau lunak, Anda harus menjadwalkan janji temu dengan dokter gigi. Terakhir, infeksi pulpa kadang-kadang dapat menyebabkan jerawat atau keluarnya cairan di sepanjang garis gusi gigi yang terkena.