Apakah Terapi Saluran Akar Menyakitkan?

Seringkali, kita takut akan hal-hal yang tidak kita ketahui. Jika dokter gigi Anda menyarankan Anda untuk menjalani terapi saluran akar, Anda mungkin bertanya-tanya tentang tingkat rasa sakit yang harus Anda tanggung. Untuk mengurangi kecemasan gigi Anda dan memuaskan rasa ingin tahu Anda, temukan apakah itu menyakitkan dan pelajari cara kerja saluran akar.

Pertanyaan : Apakah terapi saluran akar menyakitkan?

Berkat teknologi modern, terapi saluran akar dilengkapi dengan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa sakit selama prosedur. Pengalaman dan tingkat rasa sakitnya sangat mirip dengan perawatan tambalan gigi. Namun, terapi saluran akar biasanya memakan waktu lebih lama daripada prosedur gigi lainnya karena mencakup pembersihan pulpa dan pemulihan struktur gigi.

Bagaimana cara kerja terapi saluran akar?

Terapi saluran akar adalah perawatan untuk kerusakan gigi yang parah dimana pulpa gigi sudah terinfeksi. Ini membantu mencegah penyebaran infeksi dan abses gigi, kantong berisi nanah di gusi. Inilah cara kerja saluran akar:
  1. Selama prosedur saluran akar, dokter gigi atau endodontis Anda pertama-tama akan mengoleskan krim mati rasa dan menggunakan anestesi lokal pada gusi di sekitar gigi.
  2. Setelah anestesi dimulai, bendungan gigi akan ditempatkan di mulut Anda untuk mengisolasi gigi yang terkena.
  3. Dokter gigi Anda akan mengakses pulpa gigi dengan mengebor gigi. Untuk gigi depan, lubang dibor dari bagian belakang gigi. Gigi geraham dibor melalui permukaan kunyah.
  4. Pulpa dikeluarkan bersama dengan jaringan yang terinfeksi menggunakan alat gigi yang dirancang khusus. Mulai saat ini, gigi Anda tidak akan lagi terasa sakit.
  5. Larutan antiseptik dan antibakteri akan disiramkan ke area tersebut untuk mendisinfeksi gigi dan mempersiapkannya untuk tambalan saluran akar.
  6. Dokter gigi Anda akan mengukur kedalaman akar gigi Anda untuk memastikan apakah tambalan dapat mencapai ujung akar.
  7. Tambalan saluran akar yang steril akan ditempatkan pada gigi dan ditutup dengan bahan termoplastik yang dipanaskan di area tersebut untuk mencegah infeksi ulang.
  8. Tambalan sementara akan digunakan untuk menutup gigi secara permanen. Dokter gigi Anda mungkin merekomendasikan gigi Anda untuk perawatan mahkota untuk melindunginya dari kerusakan lebih lanjut.

Apa yang diharapkan setelah perawatan saluran akar?

Setelah perawatan saluran akar, dokter gigi Anda akan meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi di area yang dirawat. Anda juga akan merasa sedikit tidak nyaman, tetapi akan mereda segera setelah gusi dan gigi yang terkena pulih.
Baca Juga : Tak Peka Rasa & Bau Gejala Coronavirus Baru? Apakah Benar ? Baca Juga : Perawatan Saluran Akar pada Gigi Molar Pertama Kanan Mandibula dengan Pulpitis Ireversibel Simtomatik
Namun, gigi Anda yang baru direstorasi tidak akan sekuat dulu dan harus direstorasi sepenuhnya dengan mahkota gigi. Jadi, bergerak maju, Anda harus memperlakukannya dengan ekstra hati-hati.

Perawatan setelah saluran akar: Yang harus dan yang tidak boleh dilakukan

Tujuan dari saluran akar adalah untuk menjaga gigi asli Anda dan mencegah penyebaran infeksi. Setelah perawatan, Anda harus merawat gigi yang baru direstorasi dengan mengikuti tips perawatan berikut ini:
  • Setelah perawatan, jangan makan apa pun yang mengharuskan Anda menggunakan gigi yang dirawat.
  • Tunggu sampai mati rasa hilang sebelum Anda makan untuk menghindari menyakiti diri sendiri.
  • Jangan menggigit atau mengunyah gigi yang dirawat sampai ditutup dengan mahkota untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
  • Sikat dan flossing setiap hari untuk menjaga kesehatan mulut Anda dan untuk mencegah peradangan atau infeksi di daerah yang dirawat.
  • Konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk setiap kasus nyeri berdenyut atau bengkak.
  • adalah alternatif untuk pencabutan gigi selama gigi Anda masih layak untuk prosedur ini.

#alat dan bahan kedokteran gigi #Apakah Terapi Saluran Akar Menyakitkan? #Infeksi Saluran Akar Gigi #Perawatan Akar Gigi #Perawatan Saluran Akar Gigi #Saluran Akar Gigi #Terapi #Terapi Saluran Akar #Terapi Saluran Akar Gigi #Terapi Saluran Akar Menyakitkan