Solusi Pencegahan Aerosol dan Risiko Penularan COVID-19

Mungkin masih banyak yang ragumelakukan perawatan gigi keklinik. Mengingat, salah satu potensi penularan COVID-19 terbanyak terjadi di tempat seperti ini.

Salah satu media yang diduga dapat menularkan COVID-19 adalah aerosol. Berbeda dengan droplets yang berupa cairan lendir, aerosol adalah droplets yang telah menguap lebih cepat dibandingkan jatuh ke tanah.

Akibatnya, aerosol “tanpa cairan” ini bisa tinggal di udara hingga setengah jam lamanya.

Aerosol yang mengandung virus corona dapat menginfeksi seseorang di dalam sebuah ruangan yang sebelumnya ditempati oleh orang yang terinfeksi. Menurut WHO, proses transmisi virus corona melalui udara ini disebut juga dengan airborne disease.

Inilah pentingnya kehadiran teknologi aerosol suction system di klinik atau rumah sakit untuk menyedot aerosol maupun droplets. Alhasil, potensi penularan COVID-19 dapat ditekan seminimal mungkin.

Aerosol dan risiko penularan COVID-19

Klinik gigi adalah salah satu tempat yang sangat berpotensi menimbulkan risiko bagi pasien dan petugas perawatan kesehatan gigi. Aerosol dan droplets yang dihasilkan selama prosedur perawatan gigi dapat meningkatkan penyebaran infeksi virus coronake petugas kesehatan gigi dan pasien.

Seperti yang kita ketahui, virus corona adalah penyebab dari wabah penyakit COVID-19 yang dapat ditularkan dari droplets penderitanya.

Apa Itu Aerosol?

Aerosol adalahpartikel kecil yang ukuran diameternyakurang dari 50 μm. Dengan ukurannya yang sangat kecil ini, aerosol dapat tinggal di udara untuk waktu yang lama sebelum menetap di permukaan benda atau masuk ke saluran pernapasan Anda.

Aerosol bisa mengandung mikroorganisme melalui kontak langsung dengan jaringan ataudari alat yang terkontaminasi droplets, seperti air liur, darah, atau cairan pernapasan. Jika aerosolini masuk keparu-paru Anda, maka bisa menularkan virus dan menyebabkan infeksi.

Contoh kasus Pada Aerosol

Tentu saja, hal ini telah menjadi perhatian di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk klinik gigi. Aerosol yang dapat membawa mikroba, virus, alergen, dan zat beracun lainnya sangat berpotensi membahayakan petugas kesehatan dan pasien.

Misalnya saja, tenaga pendorong bor gigi dengan kecepatan tinggi, yang dikombinasikan dengan semprotan air. Aktivitas ini akan menghasilkan aerosol di udara yang berasal dari droplets pasien, seperti darah, serpihan gigi, plak gigi, air liur, atau bahan restoratif lainnya.

Aerosol suction system, sedot aerosol dan tekan penyebaran virus

Aerosol suction system adalah alat penyedot aerosol yang umum digunakan di klinik gigi. Fungsi alat iniuntuk menyedot partikel aerosol yang berasal dari droplets, sehingga tidak menetap di udara dan menyebarkan virus melalui airborne disease.

Ini menjadikannya efektif mencegah penularan COVID-19 antara dokter dan pasien, serta memastikan semua orang “aman” selama menjalani perawatan gigi di klinik.

Keunggulan aerosol suction system sebagai alat kedokteran gigi

Aerosol suction systemberkekuatan 6000 Pa dan kapasitas sedotnya 4.500 Liter per menit, sehingga efektif menyedot aerosol dan droplets hingga 99%. Anda tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya, karena lampu UV pada alat ini memiliki panjang gelombang 250 – 270 nm, sehingga efektif mencegah cedera pada tubuh.

Keunggulan lainnya yang tidak kalah penting juga adalah bagian lengan aerosol suction system sangat fleksibel dan dapat digerakkan ke berbagai arah (360 derajat). Ini akan memudahkan petugas kesehatan menggunakannya sesuai dengan bentuk ruangan yang ada.

Penting Anda ketahui bahwa aerosol suction system tersedia dalam berbagai variasi. Umumnya, suara yang dihasilkan alat ini lebih keras daripada pembersih udara ruangan, yaitu antara 50 – 75 desibel.

Selain itu, alat ini juga memakan tempat yang cukup signifikan. Jadi, penting sekali untuk mempertimbangkan kualitasnya, termasuk kesesuaian tinggi lengan dengan ruangan penempatannya nanti.

Upaya lainnya mengurangi risiko kontaminasi aerosol

Walaupun Anda telah menggunakan aerosol suction systemuntuk mengurangi kontaminasi aerosol, beberapa hal berikut tetap harus dilakukan. Ini untuk memastikan penularan patogen penyebab penyakit selama perawatan gigi dapat dicegah seminimal mungkin.

Upaya tersebut meliputi :
  1. Memakai masker bedah.
  2. Menggunakan pelindung mata, seperti kacamata medis.
  3. Mengenakan pakaian pelindung untuk menutupi area yang dapat terkontaminasi.
  4. Membersihkan seluruh permukaan peralatan gigi untuk mencegah penularan infeksi melalui kontak langsung antara tangan dan peralatan tersebut.
  5. Pastikan ventilasi ruangan terpasang dengan baik untuk mengurangi risiko infeksi dan kontaminasi silang.

Meskipun tidak dapat sepenuhnya menghilangkan partikel aerosol, tetapi dengan menggunakanaerosol suction systemdan menerapkan upaya lainnya ini dapat menekan potensi penularan COVID-19 di klinik.

Tentunya, tim petugas kesehatan gigi dan pasien semakin merasa aman dan nyaman selama menjalani perawatan gigi di klinik.