Buah Yang Memiliki Manfaat Untuk Gigi - Bag. 2

Buah memiliki bermacam-macam kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh & tulang, khususnya gigi. Bahkan, dalam empat sehat lima sempurna salah satunya terdapat buah. Sudah tidak diragukan lagi, buah memiliki khasiat dan kandungan yang memberikan dampak negatif bagi tubuh. Kandungan seperti antioksidan hingga vitamin akan berdampak baik apabila dikonsumsi.

Baca Juga: Buah Yang Memiliki Manfaat Untuk Gigi - Bag. 1

Berikut ini, adalah buah-buah yang memiliki manfaat baik untuk gigi.

Jeruk

Buah jeruk sudah dikenal masyarakat dengan buah kaya akan vitamin C yang berfungsi memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat. Selain itu, kandungan nutrisi buah jeruk juga mampu mengatasi penyakit gusi karena dapat mengurangi peradangan.

Pir

Buah pir mirip seperti buah Apel dari bentuknya dan yang membedakan adalah warna serta tekstur hampir mirip. Buah pir memiliki manfaat bagi mulut dalam menetralkan asam. Sehingga, buah ini akan membuat mulut kita selalu segar sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak dan mengancam kesehatan gigi.

Kiwi

Kiwi dikenal sebagai buah asam yang mengandung banyak vitamin C seperti buah jeruk. Buah ini sudah terbukti dapat membasmi bakteri di mulut serta meningkatkan asupan kolagen mendukung kesehatan gusi.

Cranberry

Buah ini mengandung antosianin dan kaya akan polifenol. Kandungan buah ini berfungsi untuk mencegah pembentukan plag gigi sehingga mengurangi risiko gigi berlubang. Selain itu, buah ini juga efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, terbentuknya plak gigi, dan mencegah radang gusi serta kerusakan gigi.

Semangka

Buah yang dikenal dengan kadar air yang tinggi serta serat yang baik untuk gigi dan gusi yang sehat. Kadar air yang tinggi memicu produksi air liar dan membuat mulut terlindung dari partikel sisa makanan serta bakteri. Buah ini juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan untuk mencegah penyakit gusi, pembentukan plak maupun karang gigi.