Cara Merawat Dental Suction atau Alat Hisap

Peralatan penghisap gigi merupakan bagian penting dari semua prosedur yang dijalani pasien gigi. Perawatan alat penghisap gigi harus menjadi prioritas bagi setiap praktisi gigi. Apakah praktik gigi Anda memiliki program pemeliharaan garis hisap gigi yang solid untuk memastikan tingkat hisap yang sehat? Pembersihan sistem evakuasi harus menjadi komponen penting dari rutinitas pemeliharaan harian untuk mencegah risiko masalah kebersihan, kesehatan, dan produktivitas.

Masalah yang Mungkin Terjadi jika Rencana Perawatan tidak ada

• Bahaya yang Terlibat dalam Pembersihan Manual – Pembersihan rutin kadang-kadang diabaikan karena merupakan pekerjaan yang membosankan yang melibatkan pembersihan perangkap secara manual yang dapat menimbulkan bahaya bagi orang yang melakukan tugas melalui emisi asap berbahaya.
  • Arus balik – Masalah utama yang mungkin terjadi jika pemeliharaan rutin tidak dilakukan adalah masalah arus balik. Hal ini terjadi bila daya hisap perangkat lemah atau lambat. Hal ini dapat menyebabkan aliran terbalik, memungkinkan cairan keluar dari selang yang dimasukkan ke dalam mulut pasien.
  • Infeksi Silang – Masalah aliran balik dapat menjadi lebih rumit jika mulut pasien tertutup, secara tidak sengaja menciptakan tekanan negatif yang menumpuk di selang. Hal ini dapat memaksa keluarnya cairan asing ke dalam mulut dengan bahaya infeksi silang.

Pengukuran Suction yang Sehat

Program perawatan saluran hisap yang teratur memastikan bahwa hisapan ditingkatkan, memungkinkan cairan oral ditarik dari mulut dengan sedikit atau tanpa risiko serpihan atau cairan yang tertahan berbalik arah. Sementara pengisapan yang berlebihan mudah dideteksi dengan penyitaan jaringan lunak yang kuat di dalam mulut, pengisapan yang rendah dapat diidentifikasi dengan tingkat inefisiensi yang tinggi dan deteksi aliran balik.

Cara Merawat Peralatan Hisap Gigi Anda

Seperti halnya semua peralatan gigi, pemeliharaan yang tepat dari sistem evakuasi sangat penting untuk fungsionalitas tingkat tinggi.
  • Saluran hisap di ruang perawatan kebersihan harus dibersihkan setiap hari menggunakan pembersih sistem evakuasi untuk menghilangkan kotoran, darah, dan cairan lainnya.
  • Disinfektan yang kompatibel dengan sistem evakuasi juga harus dialirkan melalui selang pada saat yang bersamaan.
  • Saluran hisap volume rendah yang digunakan selama prosedur harus didesinfeksi dengan sedikit pembersih saluran air setelah digunakan pada setiap pasien. Periksa dengan produsen sistem evakuasi disinfektan mana yang kompatibel dengan sistem khusus mereka.
  • Pilihan lainnya adalah penggunaan ujung ejektor air liur dengan mekanisme bawaan untuk mencegah aliran balik.
  • Saluran hisap volume tinggi tidak menunjukkan fenomena aliran balik dan oleh karena itu tidak memerlukan desinfeksi antar pasien. Namun, tetap penting untuk membersihkan dan mendisinfeksi selang volume tinggi setiap akhir hari.
  • Selain penggunaan pembersih sistem evakuasi setiap hari, perawatan kejut harus diterapkan secara berkala untuk membersihkan sistem karena puing-puing yang terakumulasi dapat menyumbat saluran. Sebagian besar pembersih sistem evakuasi mengandung enzim untuk memudahkan pembersihan kotoran dari selang. Produk perawatan kejut dirancang untuk menghilangkan akumulasi endapan yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan menggunakan pembersih sistem evakuasi.
  • Perangkap hisap harus dibersihkan secara manual dengan tindakan pencegahan yang diperlukan seperti pemakaian masker dan sarung tangan untuk mencegah kemungkinan bahaya bagi orang yang melakukan pembersihan.
  • Perangkap hisap sekali pakai dapat digunakan; namun, ini sering tersumbat dan harus diganti setiap minggu. Perangkap ini hanya boleh dibuang di unit limbah berbahaya/medis berizin bersama dengan kapsul amalgam karena mungkin ada sisa merkuri yang tertinggal dari proses pencampuran.
Ketika sistem evakuasi berfungsi optimal tidak hanya bermanfaat bagi tim klinis tetapi juga untuk kesehatan pasien, sedangkan sistem yang lemah atau lambat menyebabkan inefisiensi dan stres bagi semua orang. Penerapan program pemeliharaan saluran hisap gigi dapat mencegah risiko masuknya bakteri infeksius ke dalam mulut; mengoptimalkan produktivitas selama prosedur gigi; memaksimalkan efisiensi keseluruhan selama prosedur, dan meningkatkan kepuasan pasien. Untuk pemesanan/pengecekan stok alat kedokteran gigi dan bahan habis pakai kedokteran gigi bisa hubungi: Whatsapp: 0878-3990-0066 Shopee: Cobra Dental Indonesia Tokopedia: Cobra Dental Website: www.cobradental.co.id