Hal-Hal Seputar Scaling & Root Planing

Salah satu manfaat pemeriksaan gigi adalah pembersihan profesional dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Pasien yang jarang pasien temui, biasanya membutuhkan pembersihan yang lebih dalam dan menyeluruh. Itu sering melibatkan pembersihan mendalam di bawah garis gusi yang dikenal sebagai scaling dan root planing.

Di Bawah Garis Gusi

Plak tidak henti-hentinya terbentuk di gigi pasien. Bahkan mereka yang cukup disiplin dalam hal kebiasaan kesehatan mulut berjuang melawan ini. Jika lapisan bakteri lengket ini tidak dibersihkan secara profesional dari waktu ke waktu, gusi bisa menjadi sakit dan meradang. Tahap pertama adalah radang gusi. Jika diabaikan akan menjadi periodontitis. Diperkirakan hampir setengah dari semua orang dewasa di atas usia 30 tahun menderita penyakit gusi yang sudah lanjut ini. Hal ini menyebabkan gusi untuk menarik diri dari gigi Pasien. Kantong-kantong kecil yang dibuat di bawah garis gusi menjebak lebih banyak makanan dan bakteri, memperburuk situasi. Saat itulah scaling dan root planing mungkin diperlukan.

Sebuah Proses Dua Tahap

Pertama, plak dan karang gigi yang mengeras dihilangkan di bagian atas dan bawah garis gusi. Ini mungkin dilakukan secara mekanis atau menggunakan alat ultrasonik. Maka root planing bisa dimulai. Menghaluskan akar gigi di bawah garis gusi membantu gusi untuk menempel kembali ke gigi Pasien. Kasus-kasus yang sangat menantang mungkin memerlukan lebih dari satu kunjungan untuk diselesaikan. Dalam kasus tertentu, estetik lokal dapat digunakan untuk mempermudah prosesnya. Ketika ada banyak pembersihan yang diperlukan, dokter gigi dapat menangani bagian mulut selama beberapa kunjungan.

Setiap Orang Merespon Berbeda

Setelah pembersihan mendalam, gusi Pasien mungkin terasa lunak dan sedikit bengkak. Untungnya, ini biasanya berlangsung singkat. Setelah pembersihan mendalam, pengendalian infeksi mungkin perlu diperhatikan. Untuk membantu Pasien menyembuhkan dokter gigi mungkin menerapkan obat topikal. Dalam beberapa kasus, Pasien mungkin perlu menjalani pengobatan antibiotik sebelum dan sesudah prosedur. Setiap pasien sedikit berbeda. Itu hanya tergantung pada tingkat keparahan penyakit gusi, dan seberapa baik Pasien menanggapi pengobatan.