3 Hal Tentang Asisten Dokter Gigi Yang Harus Diketahui Semua Orang

Tidak dapat dipungkiri bahwa asisten dokter gigi itu penting. Banyak sekali ungkapan terimakasih dari rekan kerja dan pasien atas kontribusi asisten dokter gigi. Berikut ini adalah hal yang perlu diketahui seputar asisten dokter gigi:

Asisten dokter gigi membantu menjaga keamanan pasien.

Tugas pencegahan dan pengendalian infeksi sering kali didelegasikan kepada asisten dokter gigi dalam praktik. Kebanyakan asisten dokter gigi memainkan peran penting dalam memastikan keselamatan pasien gigi, serta keselamatan staf klinik gigi, dengan membantu menerapkan dan mengikuti pedoman dan protokol pengendalian infeksi yang sesuai. Selain itu, mereka yang telah mengasah pengetahuan pengendalian infeksi sering dianggap sebagai pemimpin dalam praktik, dilengkapi dengan baik untuk berbagi pengetahuan dengan rekan dan pasien mereka.

Asisten dokter gigi memiliki tanggung jawab yang besar.

Tak perlu dikatakan lagi bahwa asisten dokter gigi melakukan banyak hal untuk membantu dokter gigi. Tetapi ada banyak tugas yang dilakukan di belakang layar yang mungkin tidak disadari semua orang. Banyak asisten dokter gigi bekerja di lingkungan klinis, di klinik gigi atau rumah sakit, misalnya. Di sana, selain mendirikan dan membongkar area perawatan; mempersiapkan instrumen; tempat duduk, mendidik dan menenangkan pasien; dan mengantisipasi kebutuhan dokter gigi, sebagian besar asisten dokter gigi juga melakukan tugas pengendalian infeksi dan mungkin melakukan beberapa pekerjaan di meja depan dan manajemen klinik. Dan beberapa asisten dokter gigi mungkin melakukan fungsi yang diperluas sesuai dengan keadaan mereka.

Asisten dokter gigi adalah profesional terdidik.

Untuk tampil di level tertinggi mereka, asisten dokter gigi yang sukses menyadari pentingnya pendidikan untuk mengembangkan basis pengetahuan dan keahlian mereka. Menyelesaikan program pendampingan gigi tidak serta merta menjadi persyaratan untuk memasuki profesi asisten dokter gigi, meskipun banyak asisten dokter gigi yang melakukannya. Apa pun jalan yang mereka ambil, asisten dokter gigi yang berdedikasi terus-menerus mempelajari berita dan informasi perawatan kesehatan gigi terbaru — selalu ada lebih banyak yang perlu diketahui tentang terminologi, protokol, dan prosedur gigi saat Anda bekerja di kedokteran gigi.